candi borobudur kerajaan di indonesia

TU’UPENDIDIKAN SEBAGAI ALTERNATIF PEMBIAYAAN PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKATDI BATUTUA, ROTE BARAT DAYA, ROTE NDAO, NUSA TENGGARA TIMUR

Desi Puspitasari

Sari


Abstrak& Kata Kunci

Penelitian ini bermaksud untuk melihat kedudukan tu’u pendidikan di dalam sistem sosial budaya masyarakat dan mekanisme pembiayaannya.Menunjukan  peran aktor dalam membangun,melestarikan dan mengembangkan tu’u pendidikan. Serta untuk menunjukan bahwa tu’u pendidikan sebagai salah satu alternatif pembiayaan pendidikan yang berasal dari masyarakat.

Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus intrinsik dan masayarakat Desa Batutua, Rote Barat Daya sebagai narasumbernya. Dari hasil penelitian menggambarkan bahwa, tu’u pendidikan memiliki peran strategis dalam sistem moral, sosial, politik, dan ekonomi masyarakat yang di kemas dalam lembaga adat ke sukuan. Serta, tu’u pendidikan menjadi sistem gotong royong yang mengikat anggotanya untuk mendapatkan dana pendidikan yang cepat dan mudah. Sehingga tu’u pendidikan menjadi alternatif pembiayaan pendidikan yang bersumber dari masyarakat yang berintegrasi dengan kearifan lokal masyarakat Rote Ndao.

 

Kata kunci :Tu’u, pembiayaan, dan manaleo.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.