candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2006 PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016.

Oktaviky Muliawan

Sari


ABSTRAK

 

Oktaviky Dwi Muliawan. K8411054. IMPLEMENTASI KURIKULUM 2006 PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2016.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengimplementasian kurikulum 2006 pada mata pelajaran sosiologi dan mengetahui kendala pendidik mata pelajaran sosiologi serta solusi dari kendala yang dihadapi pendidik dalam pengimplementasian kurikulum 2006 pada mata pelajaran sosiologi di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan strategi fenomenologi. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap 3 pendidik mata pelajaran sosiologi dan 3 peserta didik. Observasi dilakukan di kelas X IPS 1, XI IPS 2 dan XI IPS 1 dengan dokumentasi berupa perangkat pembelajaran sosiologi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, proses pembelajaran sosiologi mencakup tiga tahap, yakni (1) tahap perencanaan yang meliputi penyiapan perangkat pembelajaran yaitu kalender pendidikan, prota, promes, silabus dan RPP, (2) proses pembelajaran yakni kegiatan belajar mengajar di kelas dan (3) evaluasi atau penilaian. Kendala yang dihadapi pendidik mata pelajaran sosiologi adalah dari aspek sarana dan prasarana yang belum lengkap serta kegiatan pembelajaran yang dipotong oleh kegiatan lain. Sedangkan solusi yang ditemukan adalah dengan penggunaan media pembelajaran lain serta membagi ulang waktu pembelajaran sehingga seluruh materi dapat disampaikan.

 

 


Kata kunci : implementasi, kurikulum 2006, sosiologi, hambatan, sekolah

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.