candi borobudur kerajaan di indonesia

KONTRADIKSI FUNGSI MEDIA PEMBELAJARAN (KAJIAN FENOMENOLOGI PRAKTIK MENYONTEK PESERTA DIDIK SMA N 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016)

Wahyu Purnomo

Sari


ABSTRAK

Wahyu Joko Purnomo. NIM K8411071 KONTRADIKSI FUNGSI MEDIA PEMBELAJARAN (KAJIAN FENOMENOLOGI PRAKTIK MENYONTEK PESERTA DIDIK SMA N 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2016.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran yang digunakan peserta didik menyontek dan cara-cara yang dipakai untuk memanfaatkannya. Penelitian ini dilakukan di SMA N 8 Surakarta.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data berasal dari wawancara. Wawancara dilakukan dengan informan kunci yang terdiri dari 2 peserta didik laki-laki dan 2 peserta didik perempuan yang terkenal sebagai pimpinan menyontek dikelas. Sedangkan informan pendukung terdiri dari ketua kelas dan 1 peserta didik, 1 guru sosiologi dan 2 guru matematika, serta penjaga fotokopi. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan informan dengan cara purposive. Dalam melakukan uji validitas data, yang dilakukan yaitu dengan metode cara pengumpulan data yang berbeda dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, mendapatkan hasil sebagai berikut: (1) media pembelajaran yang digunakan untuk menyontek adalah (a) LKS, dan (b) HP. (2) cara yang digunakan peserta didik dengan memanfaatkan media pembelajaran yaitu (a) LKS difotokopi diperkecil, dan (b) browsing lewat internet.

Media pembelajaran tidak hanya menjadi satu media yang diperuntukkan sebagai penunjang belajar dan alat pemudah memahami mata pelajaran, melainkan menjadi sarana media menyontek peserta didik. Pemilihan LKS dan HP sebagai media menyontek merupakan suatu proses habitus dan arena yang ditempati oleh peserta didik. Habitus membuat peserta didik melakukan pilihan menyontek dengan strategi pemanfaatan media pembelajaran sebagai modal dalam menghadapi ujian.

Kata kunci : Praktik, Menyontek, Media Pembelajaran


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.