candi borobudur kerajaan di indonesia

STRATEGI PEMANFAATAN SMARTPHONE SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN 2015/2016

AGUS PERMADI

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan guru memilih smartphone sebagai sumber belajar siswa dan mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam pemanfaatan smartphone sebagai sumber belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Boyolali tahun 2015/2016.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara semistruktur, dan penelusuran data online. Sumber data penelitian berasal dari data primer yaitu siswa dan guru  serta data sekunder seperti media cetak dan media online. Uji validitas menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis interaktif.

Dalam penelitian ini smartphone dimanfaatkan sebagai sumber belajar antara lain untuk mencari istilah-istilah sosiologi yang belum dipahami siswa, selain itu smartphone dimanfaatkan sebagai sumber belajar bagi siswa ketika guru berhalangan hadir untuk mengajar di kelas, serta dimanfaatkan sebagai sumber belajar tambahan selain dari buku paket/Lks. Strategi dalam memanfaatkan smartphone sebagai sumber belajar antara lain membuat kontrak pembelajaran sejak awal masuk tahun ajaran baru, melarang melakukan penambahan daya baterai saat jam pelajaran, dan menggunakan smartphone sebagai strategi pembelajaran yang menarik dan variatif bagi siswa.

Penelitian ini menggunakan analisis tindakan rasional instrumental dalam melihat strategi pemanfaatan smartphone sebagai sumber belajar siswa di SMA N 3 Boyolali. Smartphone digunakan sebagai sumber belajar merupakan tindakan rasional yang tidak melanggar akal pikir manusia dan tidak keluar dari logika manusia, serta merupakan tindakan rasional yang telah dilengkapi oleh peraturan sebagai kerangka acuan bersama agar perilaku dapat dinilai secara obyektif oleh pihak lain. Smartphone digunakan sebagai sumber belajar sebagai pemikiran rasional atas alat alternatif untuk mencapai tujuan belajar.

 

Kata Kunci : smartphone, sumber belajar, weber


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.