candi borobudur kerajaan di indonesia

AKSI BULLYING DI KALANGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS WILAYAH SURAKARTA TAHUN 2014/2015

Tika Dianita Sari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon korban terhadap aksi bullying verbal yang dialami, kondisi korban pasca bullying verbal, respon dari teman sebaya, dan  respon dari pihak sekolah terhadap aksi bullying verbal di kalangan siswa SMA wilayah Surakarta tahun 2014/2015.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi kasus.  Teknik pengambilan data angket, Focus Group Discussion, wawancara mendalam, dan penelusuran data online. Sumber data penelitian berasal dari data primer yaitu siswa dan guru  serta data sekunder seperti media cetak media online serta dokumen angket yang telah tersebar di empat sekolah.

Dalam penelitian ini korban dan teman sebaya mayoritas memilih diam dan tidak melaporkan aksi bullying verbal ke pihak sekolah. Pasca bullying verbal terdapat tiga kondisi, yang pertama korban menjadi ketergantungan akan aksi tersebut, kedua korban yang awalnya di-bully akhirnya menjadi pelaku bullying verbal dan ketiga akan timbul struktur aksi baru yaitu aksi bullying fisik. Guru yang mengetahui aksi ini merespon dengan memberi nasehat dan arahan agar siswa tidak mengulangi aksi bullying tersebut.

Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kebenaran adanya dualitas struktur serta adanya kekuasaan, fasilitas dan dominasi yang ada di dalam bullying verbal. Dalam penelitian ini memunculkan struktur baru akibat lemahnya kontrol dari sekolah yang dapat dianalisis menggunakan dulaitas struktur.

 

Kata Kunci : bullying verbal, pendidikan karakter, dualitas struktur, respon.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.