candi borobudur kerajaan di indonesia

STUDI MENGENAI TINDAK KEKERASAN VERBAL DAN NONVERBAL OLEH GURU TERHADAP SISWA SMA NEGERI DI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Anari Wahyu Utami

Sari


ABSTRAK

 

Anari Wahyu Utami. K8411006.STUDI MENGENAI TINDAK KEKERASAN VERBAL DAN NON VERBAL OLEH GURU TERHADAP SISWA SMA NEGERI DI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juni 2015.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanabentuk-bentuk, dampak dan upaya tindak kekerasan verbal dan non verbal oleh guru terhadap siswa di Sekolah Menengah Atas di Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015 menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan dalam beberapa tahap untuk mendapatkan hasil penelitian yang mendalam. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu angket, Focus Group Discussion, dan wawancara mendalam. Sumber data berasal dari siswa dan guru dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif.

Tindak kekerasan penelitian ini dibagi dalam dua bentuk yakni kekerasan dalam bentuk verbal dan non verbal. Secara ringkas hasil penelitian ini menemukan fakta bahwa terjadinya tindak kekerasan pada siswa merupakan bagian dari tindakan sosial secara rasional yang bersifat afektif. Dalam hal ini tindak kekerasan dilakukan karena seorang guru memiliki kekuasaan di sekolah sehingga dapat dengan leluasa melakukan berbagai tindakan untuk menertibkan siswa. Tindakan ini akan berdampak pada pelaku dan korban kekerasan. Upaya sekolah dilakukan untuk meminimalisir tindak kekerasan adalah dengan cara pembinaan guru dan penertiban siswa melalui tata tertib sekolah.

 

Kata Kunci: Kekerasan pada siswa, Tindakan Sosial, Kedisplinan.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.