candi borobudur kerajaan di indonesia

KONSTRUKSI SOSIAL PERILAKU MEMBOLOS DI KALANGAN PESERTA DIDIK SMA NEGERI 6 SURAKARTA

Nining Lisnawati

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi sosial perilaku membolos di kalangan peserta didik dengan subyek penelitian peserta didik SMA Negeri 6 Surakarta yang berperilaku membolos.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi fenomenologi. Sumber data berasal dari wawancara mendalam, observasi dan dokumen. Wawancara dilakukan terhadap 9 informan kunci yaitu peserta didik yang pernah atau masih berperilaku membolos dan informan pendukung adalah petugas Satuan Tugas Pelaksana Kegiatan Kesiswaan (STP2K), Guru Bimbingan Konseling (BK), ibu Kantin dan teman informan kunci. Observasi dilakukan di kantin, warung Mbak Yanti, dan Strong Family dengan dokumen berupa tata tertib peserta didik, rekapitulasi kehadiran dan status Blackberry Messanger (BBM) peserta didik. Teknik pengambilan informan menggunakan purposive dan validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa konstruksi sosial perilaku membolos di kalangan peserta didik adalah sebagai hal yang biasa dan wajar. Perilaku membolos dianggap biasa dan wajar karena telah mengalami pembiasaan (habitualisasi) dan tipifikasi sehingga memperoleh sifat obyektif, yang selanjutnya akan di internalisasi ke dalam diri individu sebagai realitas subyektif. Konstruksi tersebut dipengaruhi oleh lingkungan teman, sekolah dan keluarga.

Kata kunci : Konstruksi. Sosial. Perilaku. Membolos. Sekolah

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.