candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X-5 SMA NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2013/2014

Ditya Adi Wahyu Nugroho

Sari


ABSTRAK

Ditya Adi Wahyu Nugroho. K8410018. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X-5 SMA NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2013/2014.Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2014.

            Tujuan dari Penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan dan prestasibelajar sosiologi dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer di kelas X-5 SMA Negeri 3 Boyolali tahun ajaran 2013/2014.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK)(ClassroomAction Research) yang terdiri dari dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-5SMA Negeri 3 Boyolalitahun ajaran 2013/2014yang berjumlah 32 orang. Sumber data berasal dari guru dan siswa.Teknik pengumpulkan data meliputi observasi, wawancara, tes hasil belajar, dokumentasi dan catatan lapangan. Validitas data menggunakan trianggulasi data yang digunakan untuk mengecek keabsahan data dengan observasi, tes, wawancara dan lain-lain. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answerdapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar sosiologi siswa. Dari segi keaktifan belajar peserta didik yang meliputi aspek afektif, rata-rata nilai yang diperoleh pada siklus I sebesar 15,78 meningkat 3,81 pada siklus II menjadi 19,59. Pada aspek psikomotorik juga mengalami peningkatan yakni pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 13,37 meningkat 1,94 pada siklus II menjadi 15,31. Prestasi belajar mengalami peningkatan pada pratindakan nilai rata-rata 70,68 meningkat 2,38 menjadi 73,06 pada siklus I.Kemudian siklus Inilairata-rata siswa73,06mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 5,78 padasiklus II menjadi78,84.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answerdapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar sosiologisiswa kelas X-5 SMA Negeri 3 Boyolali pada tahun ajaran 2013/2014.

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Giving Questions and Getting Answer, Keaktifan dan Prestasi Belajar

 


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.