candi borobudur kerajaan di indonesia

HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN LCD PROYEKTOR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Muhammad Afwan Taufiq

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara media pembelajaran lcd proyektor dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014, (2) Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014, (3) Hubungan bersama antara media pembelajaran lcd proyektor dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014.

Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ialah seluruh siswa SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Sampel yang digunakan sejumlah 80 siswa diambil dengan teknik multistage cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik regresi ganda.

Kesimpulan penelitian ini bahwa:(1) Ada hubungan yang cukup signifikan antara media pembelajaran lcd proyektor dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini dilihat dari hasil analis data yang menunjukan rx1y = 0,190 kemudian ρ = 0,088. (2) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolai Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini dilihat dari hasil analis data yang menunjukan rx2y = 0,215 kemudian ρ = 0.053. (3) Ada hubungan yang cukup signifikan secara bersama antara media pembelajaran lcd proyektor dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini dilihat dari hasil analis data yang menunjukan Ry(x1,x2) = 0,258; ρ = 0.069; dan F = 2,742.

Kata kunci: media pembelajaran lcd proyektor, motivasi belajar, prestasi belajar



Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.