candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 3 SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SETIYORINI - -

Sari


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE

 BERKIRIM SALAM DAN SOAL UNTUK MENINGKATKAN

HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI

KELAS XI IPS 3 SMA BATIK 2 SURAKARTA

TAHUN PELAJARAN 2013/2014

 

SETIYORINI

Email : setiyorini_moscow@ymail.com

K8410053

Pendidikan Sosiologi Antropologi

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS 3 SMA Batik 2 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus pertama dan kedua membahas tentang materi kelompok sosial. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 31 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif.

Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar siswa ranah kognitif mengalami peningkatan. Pada pratindakan nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 63,87, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 71,16 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,39. Selain itu, ketuntasan hasil belajar ranah kognitif siswa pada pra tindakan adalah 38,71%, pada siklus I meningkat menjadi 67,74% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 93,55%. Hasil belajar ranah afektif siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil belajar ranah afektif siswa yaitu sebesar 61,89% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,67%. Kemudian hasil belajar ranah psikomotorik siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 58,78% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 77,5%.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS 3 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.

 

Kata kunci : model pembelajaran kooperatif, tipe berkirim salam dan soal, hasil belajar.

 

 

 

 


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.