candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

PERUCHA NURAINI W K W

Sari


ABSTRAK

Perucha Nuraini WKW, K8410043. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014”. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2014.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakannya model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing, hasil penilaian kognitif siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa 71,64 dengan presentase ketuntasan sebesar 47,05%. Siklus I nilai rata-rata siswa 79,65 dengan presentase ketuntasan sebesar 70,58%, sedangkan siklus II nilai rata-rata siswa adalah 85,64 dengan presentase ketuntasan 94,12%. Pada penilaian afektif juga mengalami peningkatan, pada siklus I presentase keaktifan siswa sebesar 79,41%, kemandirian 82,35%, kecakapan 67,65% dan kejujuran sebesar 91,17%. Peningkatan terjadi pada siklus II dengan presentase keaktifan siswa 88,23%, kemandirian 97,06%, kecakapan 88,23%, dan kejujuran 94,12%. Selain penilaian kognitif dan afektif, penilaian juga dilakukan pada aspek psikomotorik. Penilaian psikomotorik siswa pada siklus I presentase membuat pertanyaan sebesar 82,35% dan presentase mengikuti prosedur pembelajaran sebesar 73,53%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu presentase membuat pertanyaan 97,05% dan presentase mengikuti prosedur pembelajaran sebesar 94,12%.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014.

 

Kata Kunci : Pembelajaran Model Kooperatif, Snowball Throwing, Hasil Belajar Sosiologi


 


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.