candi borobudur kerajaan di indonesia

POLA PENGASUHAN ANAK YANG DILAKUKAN OLEH SINGLE MOTHER (Kajian Fenomenologi tentangPola Pengasuhan Anak yang Dilakukan oleh Single Mother di Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo)

HERMIA ANATA RAHMAN

Sari


ABSTRAK

Hermia Anata Rahman. K8410027. POLA PENGASUHAN ANAK YANG DILAKUKAN OLEH SINGLE MOTHER ( Kajian Fenomenologi tentang Pola Pengasuhan Anak yang Dilakukan oleh Single Mother di Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. April 2014.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengasuhan anak yang dilakukan oleh single mother.

Pendekatan penelitian ini deskriptif kualitatif dengan jenis fenomenologi. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer yakni wawancara dengan informan dan sekunder yakni observasi tempat dan peristiwa dan studi pustaka.Teknik pengambilan cuplikan purposive  sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam (in dept interviewing) dengan 10 informan. Uji validitas data dengan triangulasi data (sumber) dan metode. Teknik analisis menggunakan model analisis data interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab single mother adalah karena suami meninggal dunia, penyesuaian diri yang dihadapi oleh single mother adalah dalam hal ekonomi dan juga pengganti figur yang hilang, alasan single mother tidak menikah adalah karena ingin focus mengasuh anak dan karena faktor usia, faktor yang mempengaruhi pola pengasuhan anak dalam keluarga single mother adalah bukan karena meniru pola pengasuhan yang pernah didapatkan dari orangtuanya dahulu saat masih kecil, pola pengasuhan yang digunakan single mother mempengaruhi kepribadian anak. Anak cenderung bersikap penurut, rajin, tidak pembangkang, serta patuh terhadap orangtua.

Simpulan dari penelitian ini adalah Ibu Rini, ibu Giyati, dan ibu Ngatmi mengasuh anaknya dengan cara memberikan batasan waktu untuk bermain, menekankan kedisiplinan, jika anak melanggar peraturan reaksi ibu adalah marah dan bahkan mencubitanaknya. Anak selalu berada dalam pengawasan orangtua dan anak dituntut untuk selalu patuh dengan orangtua, termasuk dalam pola asuh otoriter. Ibu Parsi, ibu Sulasmi dan ibu Rumi mengasuh anaknya dengan cara tidak memberikan peraturan untuk anak, tidak terlalu menekankan kedisiplinan untuk anak, dan jika anak melakukan kesalahan reaksii bu hanyala hmenasehati anak. Anak diberikan kebebasan untuk bertindak sesuai keinginan mereka sendiri, termasuk dalam pola asuh permisif. Ibu Suharti, ibu Giyani, dan ibu Samikem mengasuh anaknya dengan cara memberikan peraturan dan disiplin waktu untuk anak-anaknya secara seimbang dan tidak terlalu menekan, jika anak melakukan kesalahan maka reaksi ibu adalah menasehati dan memberikan pengertian supaya anak tidak melakukan kesalahan yang sama. Anak berada dalam pengawasan orangtua namun tidak selalu dikendalikan olehorangtua, termasuk dalam pola pengasuhan demokratis.

 

Kata kunci: single mother, pola pengasuhan, anak


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.