candi borobudur kerajaan di indonesia

KOMPARASI METODE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN METODE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) SERTA PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR

Linda Ayu Widya Safitri

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan penggunaan
metode GI dan metode TGT terhadap hasil belajar sosiologi, (2) pengaruh metode
belajar terhadap hasil belajar sosiologi, dan (3) seberapa besar pengaruh metode
belajar terhadap hasil belajar sosiologi pada siswa kelas XI IPS SMA
Muhammadiyah 1 Karanganyar.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan bentuk
penelitian semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah 1
Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian sebanyak dua kelas
diambil dengan teknik multistage cluster random sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data
menggunakan uji-t independent sampel dan uji regresi.
Kesimpulan penelitian ini adalah ada perbedaan penggunaan metode GI
dan metode TGT terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah
1 Karanganyar. Hal ini dapat dilihat dari selisih kedua t sebesar 4.527 dengan
tingkat signifikansi 0.000 (sangat signifikan). Nilai rata-rata kelas GI lebih tinggi
dari pada nilai rata-rata pada kelas TGT. Metode belajar memberikan pengaruh
yang sangat signifikan terhadap hasil belajar sosiologi siswa. Hal ini dapat dilihat
dari harga Freg= 7.578; ρ= 0.002 (sangat signifikan). Selanjutnya metode belajar
memberikan pengaruh sebesar 22% terhadap hasil belajar sosiologi siswa. Hal ini
dapat dilihat dari nilai R2
sebesar 22%, sedangkan 78% dipengaruhi oleh faktor
selain metode belajar.

Kata Kunci : Hasil Belajar Sosiologi, Metode Group Investigation (GI), Metode
Team Game Tournament (TGT)


Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.