candi borobudur kerajaan di indonesia

HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR IPS DENGAN PARTISIPASI SISWA DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH SMP NEGERI 6 PURWOREJO

Septi Rahayu

Sari


HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR IPS DENGAN PARTISIPASI SISWA DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH SMP NEGERI 6 PURWOREJO
Septi Rahayu1; Nurhadi2; Okta Hadi Nurcahyono3
Pendidikan Sosiologi-Antropologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir Sutami 36A, Surakarta 57126, Telp (0271) 646994
Email: septirh89@gmail.com
1Mahasiswa, 2,3Dosen Pendidikan Sosiologi-Antropologi FKIP UNS

ABSTRAK
Septi Rahayu, NIM K8414045 HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR IPS DENGAN PARTISIPASI SISWA DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH SMP NEGERI 6 PURWOREJO.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Minat Baca dan Motivasi Belajar IPS dengan Partisipasi Siswa dalam Gerakan Literasi Sekolah SMP Negeri 6 Purworejo.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis kuantitatif Korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 6 Purworejo. Teknik Pengambilan sampel dengan cara ordinal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket. Uji reliabilitas Cronbach’s Alpha menunjukkan nilai sebesar 0,957 pada variabel Minat Baca (X1). Kemudian pada variabel Motivasi belajar IPS (X2) sebesar 0,961. Setelah itu pada variabel Partisipasi siswa (Y) sebesar 0,749. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi dan analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara Minat Baca dengan Partisipasi siswa dalam Gerakan Literasi Sekolah SMP Negeri 6 Purworejo. Besarnya hubungan sebesar 0.260** dengan niai signifikansi p= 0.004<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian semakin siswa memiliki minat baca maka partisipasi siswa dalam gerakan literasi sekolah juga akan semakin meningkat. (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara Motivasi Belajar IPS dengan Partisipasi siswa dalam Gerakan Literasi Sekolah SMP Negeri 6 Purworejo. Besarnya hubungan sebesar 0.342** dengan signifikansi 0,000< 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian semakin siswa memiliki motivasi belajar IPS maka partisipasi siswa dalam gerakan literasi sekolah juga akan semakin meningkat. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara Minat Baca dan Motivasi Belajar IPS dengan Partisipasi siswa dalam Gerakan Literasi Sekolah SMP Negeri 6 Purworejo. Besarnya hubungan Rhitung sebesar 10.539 dengan signifikansi 0,000< 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian semakin siswa memiliki minat baca dan motivasi belajar IPS maka partisipasi siswa dalam gerakan literasi sekolah juga akan semakin meningkat.


KATA KUNCI: Minat Baca, Motivasi Belajar IPS, Partisipasi siswa Gerakan Literasi Sekolah

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.