candi borobudur kerajaan di indonesia

. PENYESUAIAN DIRI SISWA MUTASI DI SMA MUHAMMADIYAH 6 SURAKARTA.

Siti Subandho

Sari


ABSTRAK
Siti Aminah Subandho. K8414048. PENYESUAIAN DIRI SISWA MUTASI DI SMA MUHAMMADIYAH 6 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2019.
Perpindahan siswa merupakan hak bagi setiap siswa, namun perpindahan tersebut dapat menimbulkan kekacauan dan juga tekanan bagi siswa saat berada di sekolah yang baru. Hal tersebut karena siswa menghadapi lingkungan yang berbeda dari sekolah asal ke sekolah yang baru. Maka penyesuaian diri terhadap lingkungan yang baru menjadi penting karena kegagalan dalam menyesuaikan diri dapat menyebabkan siswa mutasi mengalami permasalahan sehingga mengganggu proses belajar di lingkungan yang baru. Penelitian ini untuk mengetahui (1) faktor-faktor yang menyebabkan siswa pindah sekolah; (2) untuk mengetahui perilaku siswa mutasi di lingkungan SMA Muhammadiyah 6 Surakarta agar diterima dilingkungan yang baru; (3) untuk mengetahui perilaku siswa mutasi di lingkungan luar SMA Muhammadiyah 6 Surakarta setelah pindah sekolah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi karena ingin mengetahui . Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dari hasil wawancara terhadap siswa mutasi. Landasan teori yang digunakan adalah teori dramaturgi Erving Goffman yang melihat interaksi manusia seperti dalam sebuah pertunjukkan yaitu ada front stage atau panggung depan yang dilihat oleh banyak penonton dan back stage atau panggung belakang.
Hasil penelitian ini adalah faktor penyebab siswa mutasi yaitu adanya faktor individu, penilaian negatif terhadap sekolah asal dan penilaian positif terhadap sekolah yang baru; faktor pendorong, pelanggaran tata tertib sekolah dan ketidakmampuan mengikuti pelajaran sekolah; faktor penarik, longgarnya sistem penerimaan siswa mutasi dan kontrol tata tertib rendah, rintangan di daerah asal dan tujuan. Penyesuaian diri di panggung depan (front stage) di area sekolah yaitu bersikap diam, mencari teman; mengambil peran; menciptakan suasana kelas. Sedangkan penyesuaian diri di panggung belakang (back stage) yaitu luar sekolah dengan cara menggunakan lembaga lain; membangun relasi dengan teman lama; bekerjasama dengan pihak lain untuk mobilitas.
Kata Kunci : Dramaturgi, Faktor Kepindahan Siswa, Penyesuaian Diri, Sekolah, Siswa Mutasi

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.