candi borobudur kerajaan di indonesia

STRATEGI PENERAPAN PENDIDIKAN POLITIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI POLITIK DI KALANGAN MAHASISWA (KAJIAN FENOMENOLOGI MAHASISWA FKIP UNS TAHUN 2016/2017)

Tri Wiratno

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang mahasiswa berpartisipasi politik dalam pemilu presiden BEM FKIP UNS dan strategi penerapan pendidikan politik di kampus untuk meningkatkan partisipasi politik mahasiswa dalam pemilihan presiden BEM FKIP UNS. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS Kentingan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data berasal dari wawancara dan studi dokumen. Teknik pengambilan informan dengan cara purposive sampling. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) latar belakang mahasiswa berpartisipasi politik dalam pemilu presiden BEM FKIP UNS dapat jabarkan menjadi 2 latar belakang, diantaranya: (a) adanya ajakan dari teman untuk mencoblos (ikut ikutan), hal ini menurut teori The Genuine Because Motive dan In Order to Motive dari Alfred Schutz dapat dikategorikan dalam motif “karena”. (b) adanya keinginan untuk “menuntut” kepada calon presiden BEM FKIP UNS yang dipilih. Menurut teori Schutz, latar belakang ini dapat dikategorikan pada motif “supaya”. (2) Strategi KPU untuk meningkatkan partisipasi politik mahasiswa dalam pemilu presiden BEM FKIP UNS melalui pendidikan politik, memfokuskan pada kegiatan kampanye dialogis. Menurut Schutz, upaya KPU ini cenderung bermotif “supaya”.

 

Kata kunci: Partisipasi politik, Motif, Pemilu presiden BEM FKIP UNS


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.