candi borobudur kerajaan di indonesia

PEMENUHAN KEBUTUHAN HAK DASAR ANAK BAGI ORANG TUA DI TEMPAT PENITIPAN ANAK BALITA (TPAB) AKHLAQUL KARIMAH AISYIYAH WARU KECAMATAN BAKI KABUPATEN SUKOHARJO

Siti Koyimah

Sari


PEMENUHAN KEBUTUHAN HAK DASAR ANAK BAGI ORANG TUA

DI TEMPAT PENITIPAN ANAK  BALITA (TPAB) AKHLAQUL

KARIMAH AISYIYAH WARU KECAMATAN

BAKI KABUPATEN SUKOHARJO

Siti Koyimah, Dr.rer.nat.Nurhadi, S.Ant, M.Hum dan Drs. Slamet Subagya, M.Pd

Pendidikan Sosiologi Antropologi, FKIP Universitas Sebelas Maret

Surakarta, 57126, Indonesia Koyimahs@ymail.com

ABSTRAK

Siti Koyimah. K8413067. Pemenuhan Kebutuhan Hak Dasar Anak bagi Orang Tua di Tempat Penitipan Anak Balita (TPAB) Akhlaqul Karimah Aisyiyah Waru Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Skripsi, Surakarta  : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2017.

Penelitian ini bertujuan : (1) Mengetahui arti anak bagi orang tua yang menitipkan di TPAB Akhlaqul Karimah Aisyiyah Waru (2) Mengetahui bagaimana proses pengambilan keputusan orang tua yang akhirnya memilih TPA sebagai tempat menitipkan anaknya (3) Mengetahui pemahaman orang tua terhadap pemenuhan hak dasar anak di TPAB Akhlaqul Karimah Aisyiyah Waru.

Penelitian ini menggunakan metode yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dalam pengambilan subyek penelitian menggunakan teknik purposive yaitu orang tua yang menitipkan di TPA dengan kriteria kurang memperdulikan anaknya serta pengasuh TPA sebagai penguat data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis data Miles & Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yaitu (1) reduksi data; (2) paparan data; dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Arti anak bagi orang tua bersifat ambivalen yaitu  sebagai investasi, sebagai bukti pengakuan diri bagi perempuan, sebagai pelengkap keluarga, dan sebagai tenaga kerja. Namun secara tersirat, peneliti melihat bahwa pada dasarnya anak bagi orang tua merupakan beban tersendiri bagi mereka (2) Dalam pengambilan keputusan orang tua memilih TPA sebagai tempat menitipkan anak dipengaruhi oleh faktor dan aktor di dalamnya (3)  Pemahaman orang tua terhadap hak dasar anak di TPA Akhlaqul Karimah dirasa cukup, namun dalam penerapannya orang tua kurang memenuhi kebutuhan tersebut.

Simpulan yang diperoleh adalah keberadaan TPA membantu orang tua khususnya perempuan yang bekerja. Namun, hal ini membuat orang tua menjadi terlalu melimpahkan sehingga pemenuhan kebutuhan hak dasar kurang dipenuhi. Bagi masyarakat, sering menyalahkan perempuan secara sepihak.  Dan TPA menjadi tempat pelepasan salah satu beban atau sebagai liberalisasi para perempuan karir yang harus menanggung beban ganda. TPA juga menjadi tempat untuk mengkompromikan tekanan-tekanan yang dihadapi (eksis strategi) oleh perempuan karir dari waktu ke waktu.

Kata Kunci : Hak  Dasar Anak, TPA, Perempuan Karir, Pengasuhan, Liberalisasi


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.