candi borobudur kerajaan di indonesia

DAMPAK ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MATERI GAYA DAN GERAK

Uwais Al Qorni Akbar, Parsaoran Siahaan, Duden Saepuzaman

Abstract


Kurikulum 2013 mensyaratkan penggunaan penilaian autentik sebagai penilaian hasil belajar peserta didik. Akan tetapi penggunaan penilaian autentik masih jarang digunakan dan belum optimal. Guru masih cenderung terfokus pada penilaian berupa tes tertulis. Asesmen portofolio merupakan bagian dari penilaian autentik yang dianjurkan penerapannya dalam Kurikulum 2013. Asesmen portofolio adalah metode penilaian berdasarkan hasil karya siswa dalam jangka waktu tertentu yang menunjukkan perkembangan dan peningkatan kemampuan siswa selama pembelajaran. Perkembangan siswa yang dapat diketahui antara lain pemahaman konsep dan sikap siswa terhadap Fisika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana dampak asesmen portofolio terhadap pemahaman konsep dan sikap siswa terhadap Fisika. Penelitian ini dilakukan pada satu kelas eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada salah satu SMP Negeri di Kota Bandung. Instrumen asesmen portofolio siswa berupa tugas mandiri dan tugas proyek. Pemahaman konsep siswa dievaluasi menggunakan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda,  sedangkan sikap siswa diukur dengan instrumen angket Test of Science Related Attitudes (TOSRA). Pemahaman konsep dalam penelitian ini termasuk dalam domain ranah kognitif tingkatan kedua mengacu pada taksonomi Bloom Revisi menurut Anderson & Krathwohl yang meliputi 7 proses-proses kognitif antara lain: menafsirkan, mencontohkan, menglasifikasikan, merangkum, menyimpulkan, membandingkan, dan menjelaskan. Hasil penelitian menunjukkan asesmen portofolio dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dan sikap siswa terhadap Fisika secara signifikan. Selain itu asesmen portofolio dapat memberikan gambaran rekam jejak siswa selama proses pembelajaran.


Keywords


Asesmen Portofolio; Pemahaman Konsep; Penilaian Autentik; Sikap terhadap Fisika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.