ANALIS BAHAN AJAR KIMIA UNTUK SMA/MA DI KABUPATEN KARANGANYAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013
Abstract
Bahan ajar yang baik memiliki kriteria tertentu atau standar tertentu seperti tentang relevansinya dengan kurikulum yang sedang berlaku saat ini yaitu kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian isi bahan ajar dengan SKL, KI dan KD, menganalisis keterpaduan antar kosnsep/topik dan menganalisis kesesuaian isi bahan ajar dengan konsep pendekatan saintific. Penelitian ini merupakan bagian penelitian pengembangan yang menggunakan data kuantitatif dan kualitatif dengan lembar kelayakan/kesesuaian bahan ajar yang berisi penilaian mengenai analisis bahan ajar berdasarkan kurikulum 2013. Sampel penelitian ini dilakukan di SMA 1 Karanganyar dan SMA 2 Karanganyar. Hasil penilaian berupa analisis untuk menentukan kesesuaian bahan ajar tersebut dengan kurikulum yang dipakai disekolah tersebut yaitu kurikulum 2013. Hasil analisis kualitas bahan ajar kimia yang berdasarkan beberapa aspek seperti : (1) kesesuaian isi bahan ajar dengan SKL, KI dan KD untuk buku 83,33% dan LKS 66,67%, (2) keterpaduan antar konsep/topik untuk buku 91,66% dan LKS 58,33% (3) kesesuaian isi bahan ajar dengan konsep pendekatan saintific untuk buku 75 % dan LKS 50 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik simpulan bahwa (1) kesesuaian isi bahan ajar dengan SKL, KI dan KD untuk buku dikategorikan sesuai dan LKS cukup sesuai (2) keterpaduan antar konsep/topik buku sesuai dan LKS kurang sesuai, (3) kesesuaian isi bahan ajar dengan konsep pendekatan saintifik pada buku cukup sesuai dan LKS Kurang sesuai. Berdasarkan hasil rata-rata semua aspek analisis buku dikategorikan sesuai dengan kurikulum 2013 yakni 82,14% dan LKS kurang sesuai dengan kurikulum 2013 sebesar 60,72%.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.