candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKURIKULUM 2013

Ghullam Hamdu, Anggi Lestari, Nisa Nurlaila

Abstract


Kurangnya sumber teori tentang penyusunan dan contoh perangkat pembelajaran menjadi langkah awal penelitian lanjutan dari pengembangan perangkat pembelajaran berbasis PBL (Problem Based Learning) yang menghasilkan produk perangkat pembelajaran yang telah valid dan layak digunakan untuk mengembangkan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar dengan pengintegrasian pembelajaran lain yang mendukung. Maka dilakukan pengembangan sebuah buku tentang pengembangan perangakat pembelajaran. Didukung dengan hasil pendahuluan bahwa kurangnya pemahaman guru dalam hal pengembangan perangkat pembelajaran. Penelitian ini diharapkan menajadi referensi guru atau calon guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dipandu sebuah buku yang membantu guru dalam mengembangkannya. Penelitian dilakukan menggunakan metode DBR (Desigen-Based-Research) yang dikemukaakan oleh Reeves tahun 2007. Tahap pertama pada studi pendahuluan diperoleh data dari hasil wawancara dan studi dokumentasi. Tahap kedua dilakukan pengembangan dalam pembuatan buku perangkat pembelajaran mencakup RPP, LKS, media, dan asesmen. Tahap tiga, dilakukan validasi ahli dan mengalami revisi selanjutnya dilakukan validasi penggunaan kepada guru atau caln guru dan mengalami revisi II. Hasil akhir pada tahap empat diperoleh buku tentang perangkat pembelajaran yang membahas tentang teori, langkah-langkah, dan contoh perangkat pembelajran yang mencakup RPP, LKS, Media, dan asesmen yang diharapkan dapat menjadi referensi untuk para pendidik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.