candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN PENILAIAN SIKAP DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS VIDEO PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKS

Edi Hendri Mulyana, Ghullam Hamdu, Fitri Nurzakiah F

Abstract


Penilaian adalah bagian terpenting dalam proses pembelajaran. Dalam Kurikulum 2013, penilaian harus autentik. Penilaian autentik adalah penilaian yang menyeluruh harus mencakup tiga ranah yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan. Namun, kenyataannya guru masih belum melaksanakan penilaian sikap secara menyeluruh dengan menggunakan instrumen penilaian sikap, guru masih melakukan proses penilaian secara langsung tanpa menggunakan instrumen sehingga penilaian lebih subjektif. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut dilakukan penelitian dan pengembangan produk instrumen penilaian sikap yang meliputi penilaian individu, penilaian kelompok, penilaian diri sendiri, dan penilaian antar teman pada pelajaran IPA yang diintegrasikan dengan pelajaran lain berbasis konteks melalui metode Design Based Research (DBR) yang terdiri dari empat tahap. Instrumen penilaian sikap yang dikembangkan dijadikan solusi dan dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melakukan proses penilaian sikap dalam pembelajaran. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Subjek sumber data penelitian adalah observer, siswa-siswi kelas V SDN 1 Nagarawangi, SDN 2 Nagarawangi, dan SDN  3 Nagarawangi. Uji coba dilakukan sebanyak dua kali. Pada temuan penelitian, instrumen penilaian sikap yang dikembangkan valid, reliabel, dan praktis digunakan. Kevalidan ditunjukkan dengan hasil validasi ahli, kemudian reliabel ditunjukkan dengan keidentikan skor yang diberikan oleh observer pada siswa. Dalam uji coba dan implementasi prototipe 2  terdapat rubrik yang harus direvisi karena persentase keidentikannya < 80%. Pada uji coba dan implementasi prototipe 3 semua kriteria layak digunakan karena persentase keidentikannya > 80%.


Keywords


Instrumen penilaian sikap; pembelajaran berbasis konteks

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.