UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI OPTIMALISASI LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 KLATEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar biologi dengan mengoptimalkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam pembelajaran pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Klaten semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Akselerasi sebanyak 15 peserta didik. Metode pengumpulan data yang dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Biologi tampak jelas bahwa pada siklus I skor rata-rata 82 dan siklus II skor rata-rata 84,8 terdapat kenaikan 2,8 angka atau sekitar 3 %. Dalam hal ini terjadi peningkatan akumulasi klasifikasi penilaian motivasi peserta didik dalam pembelajaran Biologi pada siklus II. Tanggapan dan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran Biologi tampak jelas bahwa pada siklus I rata-rata 3,15 dan siklus II rata-rata 3,38 pada penilaian kompetensi pengetahuan, terdapat kenaikan 0,23 angka atau sekitar 7,3 % dengan 100% peserta didik tuntas belajar. Capaian kompetensi sikap mengalami kemajuan pada siklus I yang berpredikat cukup 2 peserta didik, pada siklus II meningkat semua peserta didik mencapai predikat minimal baik. Akumulasi klasifikasi penilaian tanggapan dan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran Biologi pada penilaian kompetensi keterampilan pada siklus I rata-rata 3,15, siklus II juga mengalami kenaikan 3,25 dengan prosentase ketuntasan 100 %. Secara keseluruhan motivasi belajar dan hasil belajar biologi mengalami peningkatan dengan mengoptimalkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam pembelajaran pada peserta didik kelas X Akselerasi SMA Negeri 1 Klaten tahun pelajaran 2014/2015 pada materi Plantae.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.