candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN BUKU AJAR FISIKA DASAR I BERBASIS SRL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DEDUKTIF MAHASISWA CALON GURU

Habibi Habibi, Lovy Herayanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku ajar Fisika Dasar I berbasis self regulated learning terhadap hasil belajar deduktif mahasiswa melalui peningkatan hasil belajar yang diperoleh. Desain eksperimen yang digunakan yaitu one group pretest-postest design untuk mengetahui hasil sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Jumlah sampel yang digunakan adalah satu kelas yang dibagi menjadi dua kategori kemampuan awal SRL untuk melihat peningkatan belajar mandiri dan kemampuan deduktif Mahasiswa. Sampel yang digunakan diambil dari semua mahasiswa jurusan pendidikan fisika IKIP Mataram yang sedang menempuh mata kuliah Fisika Dasar I. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar Mahasiswa dapat mengatur cara belajar secara mandiri berdasarkan motivasi mereka masing-masing. Peningkatan rata-rata hasil belajar deduktif yang diperoleh semua mahasiswa tergolong dalam kategori tinggi. Mahasiswa yang kemampuan awalnya rendah memiliki SRL berkategori rendah dan sebaliknya, mahasiswa yang kemampuan awalnya tinggi memiliki SRL yang tinggi. Kemampuan SRL dari rata-rata Mahasiswa sebanding dengan kemampuan deduktif yang diperoleh. Peningkatan hasil deduktif untuk mahasiswa dengan kemampuan awal dan SRL rendah memperoleh kategori tinggi serta rendah untuk kemampuan awal rendah.


Keywords


Self regulated learning; kemampuan deduktif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.