candi borobudur kerajaan di indonesia

STUDI KOMPARATIF STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPOT DAN TIPE ARIAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS PENDIDIKAN BERKARAKTER SISWA

Susdarwati Susdarwati, Sulistyaning Kartikawati, Purwandari Purwandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan yang signifikan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe TPOT dan tipe ARIAS terhadap prestasi belajar fisika siswa, 2) perbedaan yang signifikan aktivitas pendidikan berkarakter siswa tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar fisika siswa, 3) interaksi antara Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe TPOT dan tipe ARIAS d engan aktivitas pendidikan berkarakter siswa terhadap prestasi belajar fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Wonoasri, dengan sampel kelas VIIA dan VIIG. Teknik pengambilan sampel adalah teknik cluster random sampling. Kelas VIIA sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen I diberikan strategi pembelajaran kooperatif tipe TPOT dan kelas VIIG sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen II diberikan Strategi pembelajaran kooperatif tipe ARIAS. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data prestasi belajar fisika siswa yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda serta metode observasi untuk data aktivitas pendidikan berkarakter siswa. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi (anava) dua jalan dengan sel tak sama, sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji  scheffe. Hasil penelitian dengan α= 5% dapat disimpulkan bahwa: 1) Fobs= 5,1921> Ftabel= 4,002 (nilai signifikansi< 0,05) sehingga H0A ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe TPOT dan tipe ARIAS terhadap prestasi belajar fisika siswa, 2) Fobs= 165,6211> Ftabel= 4,002 (nilai signifikansi< 0,05)  sehingga H0B ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan aktivitas pendidikan berkarakter siswa tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar fisika siswa, 3) Fobs= 0,2851< Ftabel= 4,002 (nilai signifikansi> 0,05) sehingga H0AB diterima yang berarti tidak ada interaksi antara Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe TPOT dan tipe ARIAS dengan aktivitas pendidikan berkarakter siswa terhadap prestasi belajar.


Keywords


Aktivitas Pendidikan Berkarakter; Prestasi Belajar; Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe ARIAS; Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe TPOT

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.