candi borobudur kerajaan di indonesia

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 5 SURAKARTA

Isti Komariah, Jamzuri Jamzuri, Surantoro Surantoro

Abstract


Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran Fisika lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada  siswa Kelas X MIA SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 5 Surakarta. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling dan sampel yang terpilih adalah kelas X MIA 1 dan X MIA 3. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2x1. Teknik pengumpulan data untuk kemampuan kognitif Fisika siswa menggunakan teknik tes. Uji independent sample t-test satu ekor kanan dipilih untuk teknik analisis data pada penelitian ini, karena kedua sampel tidak saling mempengaruhi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahaan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajan Fisika lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada siswa pada materi Vektor di Kelas X MIA SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.


Keywords


Uji-t satu ekor kanan; kemampuan kognitif Fisika; penerapan model pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.