candi borobudur kerajaan di indonesia

SELF REGULATED LEARNING SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DALAM MENJAWAB TANTANGAN ABAD 21

Pri Ariadi Cahya Dinata, Rahzianta Rahzianta, Muhammad Zainuddin

Abstract


Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada abad 21 menuntut setiap negara untuk meningkatkan kemandirian. Salah satu cita-cita bangsa indonesia adalah menjadi bangsa yang mandiri, sejahtera, dan bermartabat dimata bangsa lain. Kemandirian bangsa dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lainnya sumber daya alam, sumber daya manusia, kebijakan pemerintah.  Pendidikan merupakan komponen dalam membangun Sumber Daya Manusia, peranan pendidikan merupakan peranan fundamental pada siswa untuk memberikan kemandirian dalam menghadapi tantangan abad 21. Self regulated learning adalah strategi belajar yang mampu membuat siswa mandiri dalam belajar dan meningkatkan prestasi akademik mereka. Kemandirian belajar dan prestasi akademik yang tinggi pada tiap-tiap lembaga pendidikan akan menghasilkan output pendidikan yang baik. Ketika kualitas output pendidikan yang dihasilkan meningkat, maka kualitas Sumber Daya Manusia pada negara tersebut juga membaik. Hal ini merupakan salah satu modal utama bagi sebuah negara untuk bersaing di zaman Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.


Keywords


Kemandirian Bangsa; Kemandirian Belajar; Self Regulated Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.