candi borobudur kerajaan di indonesia

PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS TERBUKA TERHADAP PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM KEGIATAN TUTORIAL (Studi Pendahuluan Pentingnya Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh)

Afif Kurniawan, Fadloli Fadloli

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap pentingnya motivasi belajar dalam kegiatan tutorial. Salah satu tantangan terbesar bagi pendidik saat ini adalah mendorong motivasi peserta didik dan mendorong keinginan untuk belajar seumur hidup (Hodges, 2004). Agar sukses, peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh harus motivasi diri mereka sendiri. Karena mahasiswa tidak dipaksa untuk menghadiri kelas-kelas, sehingga mereka merasa sangat sulit untuk tetap di atas pekerjaan mereka karena tidak ada yang menjaga mereka pada tugas (Wilkinson, 2010). Pembelajaran jarak jauh adalah kesempatan besar bagi mereka yang memiliki kemampuan untuk memotivasi diri, terutama ketika mereka dipengaruhi oleh hambatan tertentu yang mencegah mereka dari menghadiri kelas tradisional.  Komponen motivasi belajar meliputi: perhatian, relevansi, percaya diri, dan kepuasan Driscolli (1994) dan Smith (2008). Penelitian ini adalah termasuk penelitian survai Pengumpulan data dari subjek penelitian dilakukan melalui kuesioner/angket Sebagian besar mahasiswa Universitas Terbuka menganggap bahwa motivasi merupakan unsur penting dalam proses kegiatan tutorial. Perlu diterapkan model tutorial yang dianggap mampu mengoptimalkan motivasi belajar mahasiswa Universitas Terbuka. Pengintegrasian model tutorial Problem Based Learning (PBL) dan Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) dianggap efektif dan efisien untuk mengoptimalkan motivasi belajar mahasiswa Universitas Terbuka.


Keywords


motivasi belajar; Pembelajaran jarak jauh; Probem Based Learning; Attention; Relevance; Confidence; Satisfaction ARCS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.