candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN IPA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER (ICT) BAGI GURU IPA SMP DI KABUPATEN WONOGIRI

Widha Sunarno, Sukarmin Sukarmin, Supurwoko Supurwoko, Delisma Wisnu Adi

Abstract


Kemajuan di bidang teknologi informasi, guru sains dituntut mampu melakukan pembelajaran yang berbasis ICT. Pada kenyataannya para guru sains belum semuanya memiliki kompetensi dalam kegiatan pembelajaran yang berbasis ICT, maka diperlukan pelatihan peningkatan kompetensi ICT secara kontinyu. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: 1. Meningkatkan profesionalisme guru sains untuk mengembangkan pembelajaran yang inovatif berbasis computer (ICT). 2. Meningkatkan kemampuan guru sains SMP menyusun dan membuat media pembelajaran yang inovatif dan berbasis computer (ICT). 4. Meningkatkan keterampilan  guru sains SMP dalam implementasi media pembelajaran yang inovatif dan berbasis komputer (ICT) di kelas. Kegiatan peningkatan kompetensi dilaksanakan dengan menggunakan beberapa langkah: 1. penyiapan materi, 2. penyajian pateri, 3. pelatihan dan praktek 4. praktek peer teaching, 5. implementasi di kelas, 6. observasi, supervisi, dan evaluasi pembelajaran di kelas. Kegiatan pelatihan dilakukan pada setiap hari Sabtu, dalam kegiatan MGMP bagi Guru-guru IPA di Wonogiri. Peer teaching dilakukan di ruangan dalam tempat yang sama dengan pelatihan. Hasil pelatihan diimplementasikan di sekolah sesuai dengan jadwal mengajarnya. Evaluasi dan praktek pembelajaran dimplementasikan di sekolah masing-masing. Pengabdian masyarakat ini memberikan kesimpulan bahwa pelatihan dan peningkatan kemampuan di bidang pembelajaran sais sangat dibutukan oleh para guru IPA. Dari 30 guru yang mengikuti pelatihan, hampir 90 % kompetensinya meningkat secara signifikan. Kegiatan pelatihan sebaiknya dilakukan secara kontinyu dan tidak mengganggu tugas rutin guru sehari-hari.


Keywords


Peningkatan kompetensi Guru IPA; Pembelaran Sains berbasis ICT

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.