ANALISIS PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYATERHADAP KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN SRAGEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pemetaan pemenuhan Standar Nasional Pendidikan, mengetahui profil prosentase daya serap ketuntasan belajar berbasis UN, dan profil proses pembelajaran pada salah satu sekolah menengah pertama di Sragen.Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, angket dan deep interview. Analisis data yang diperoleh bersifat kualitatif dengan membandingkan antara kondisi ideal dengan kondisi riil tentang standar proses pendidikan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komponen snp memiliki kesenjangan yang paling tinggi terdapat pada standar proses yaitu sebesar 2,8. Hasil analisis Ujian Nasional (UN) menunjukkan prosentase daya serap siswa pada 6 indikator masuk kategori kurang karena memiliki prosentase <60%. Hasil analisis proses pembelajaran menunjukkan dari 10 indikator kompetensi proses pembelajaran baru 3 indikator yang sudah terlaksana 100%.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.