candi borobudur kerajaan di indonesia

MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ALAM UNTUK SISWA TUNANETRA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER

Khamdun Khamdun

Abstract


Pembelajaran IPA untuk anak tunanetra didasarkan kebutuhan belajar dengan kemampuan kepekaan inderawi melalui perabaan tangan.Secara anatomis, tangan anak tunanetra sama dengan tangan anak yang lainnya. Tangan anak tunanetra sebagai indera perabaan akan lebih peka dari pada anak awas (normal),karena terbiasa digunakan untuk membedakan apa yang diraba atau menangkap makna dari apa yang dirabanya.Anak tunanetra dengan ekspresi cacat bentuk objek dalam kehidupan sehari-hari. Dibutuhkan pendekatan terpadu untuk belajar untuk memberi rangsangan melalui media tanah liat. Tujuan dari studyhelp ini anak-anak tunanetra menggunakan kemampuan kepekaan dengan keseimbangan rasional dan emosional untuk membangun thevalues dari karakter. Nilai karakter yang diperoleh dari anak tunanetra 's perilaku dan respon siswa secara keseluruhan dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan kurikulum pendidikan luar biasa. Tanggal yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi yang dipilih kemudian dijelaskan menjadi kesimpulan anaccurate. Sebenarnya nilai-nilai karakter anak tunanetra melalui penerapan metode dan media yang tepat untuk pembelajaran IPA kebutuhan lebih baik daripada anak normal. Sensitivitas penciuman, sentuhan, penglihatan dan pendengaran yang intens terbatas menjadi sebuah konsep untuk merancang thematiclearning. Dari pelajaran tematik pedoman rencana menghasilkan karya tiga dimensi dengan menggunakan media tanah liat. Hasil pembelajaran IPA menggunakan media tanah liat untuk anak tunanetra memiliki sikap kritis terhadap lingkungan, semangat belajar, untuk menghargai keterbatasan, independen dalam tindakan, dan kreatif berdasarkan kemampuan kepekaan sensoris. Kontinuitas model pembelajaran IPA untuk anak-anak buta membutuhkan pelatihan guru kelas dalam upaya meningkatkan hasil belajar.


Keywords


Pembelajaran IPA; kepekaan sensoris; karakter

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.