PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) MELALUI METODE PROYEK DAN METODE INQUIRY TERBIMBING DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: pengaruh penggunaan pendekatan CTL melalui metode proyek dan metode inquiry terbimbing, kreativitas dan interaksinya terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh peserta di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukoharjo. Sampel ditentukan dengan cluster random sampling. Kelas eksperimen: 1). Metode Proyek; 2). Metode Inquiry terbimbing. Masing-masing kelas terdiri dari 36 peserta didik untuk kelas eksperimen dengan metode proyek dan 37 peserta didik untuk kelas eksperimen dengan metode inquiry terbimbing. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, non tes (angket). Uji validitas instrumen penilaian kognitif dan afektif menggunakan Korelasi Product Moment Pearson, uji reliabilitas instrumen prestasi belajar menggunakan Kuder-Richarson (KR-20) dan uji reliabilitas angket kreatifitas dan prestasi afektif menggunakan rumus Koefisien Alpha. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava dua jalan sel tak sama dengan bantuan software SPSS 15. Uji lanjut anava menggunakan compere means. Hasil penelitian: 1). Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran proyek dan inquiry terbimbing terhadap prestasi belajar kimia baik kognitif maupun afektif dimana penggunaan metode proyek lebih baik daripada inquiry terbimbing, 2). Terdapat pengaruh kreativitas tinggi dan rendah terhadap prestasi kognitif dan terdapat pengaruh kreativitas tinggi dan rendah terhadap prestasi afektif belajar kimia, 3). Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan kreativitas terhadap prestasi belajar kimia baik kognitif maupun afektif.
Keywords
Pendekatan CTL; Metode Proyek; Metode Inquiry Terbimbing, Kreativitas, Termokimia; Prestasi Belajar Kognitif dan Afektif
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.