candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING “CHEMONDRO” BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUPLEMEN BELAJAR SISWA SMA

Isma Ramadhani Lubis, Mar’atus Solihah, K. H. Sugiyarto, Jaslin Ikhsan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media mobile learning berbasis android sebagai suplemen belajar pada materi larutan penyangga dan hidrolisis untuk siswa SMA kelas XI IPA. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Pembelajaran kimia dengan menggunakan media mobile learning ini memiliki karakteristik yang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran sehingga dapat digunakan bagi siapa saja, dimana saja dan kapan saja.

Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini berdasarkan adaptasi model pengembangan Borg & Gall yang dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk awal, dan evaluasi/penilaian produk. Produk awal telah direview oleh ahli materi dan ahli IT. Selanjutnya hasil revisi dinilai berdasarkan materi, pengoperasian dan tampilan media oleh reviewer (guru kimia) dan peer reviewer. Kemudian diujicobakan kepada siswa SMA untuk mengetahui kelayakan media mobile learning berbasis android.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media mobile learning berbasis android pada materi larutan penyangga dan hidrolisis yang telah dikembangkan dinilai layak digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari aspek penilaian materi  termasuk dalam kriteria “baik”, aspek penilaian media berkriteria “sangat baik” dan hasil uji coba peserta didik termasuk dalam kategori “sangat baik”


Keywords


media; pembelajaran; mobile learning; suplemen

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.