PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI PEWARISAN SIFAT SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SEMIN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa kelas IX SMP N 1 Semin pada materi Pewarisan Sifat melalui penerapan metode pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), serta mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas 9E SMP 1 Semin Gunungkidul tahun 2014/2015 berjumlah 29 siswa. Pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I rata-rata pemahaman konsep adalah 61%. Siklus II terjadi peningkatan sebesar 18,3% menjadi 79,3%. Hasil penelitian adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini ditunjukkan peningkatan skor pada siklus I jumlah skor rata-rata siklus I adalah 64% dengan kategori sedang, sedangkan siklus II menjadi 87,5% dengan kategori tinggi. Respon siswa terhadap pembelajaran STAD menunjukkan 100% siswa senang dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD
Keywords
Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD; Keaktifan; Prestasi Belajar; Pewarisan Sifat
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.