candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN LITERASI MEMBACA MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X MIA 1 SMAN 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Rahmania Pamungkas, Riezky Maya Probosari, Dewi Puspitasari

Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan  literasi membaca siswa melalui penerapan model problem based learning di kelas X MIA 1 SMAN 1 Boyolali tahun pelajaran 2014/2015.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas X MIA 1 SMAN 1 Boyolali tahun pelajaran 2014/2015. Data penelitian diperoleh melalui, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Validasi data dengan menggunakan teknik triangulasi metode.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan literasi membaca siswa kelas X MIA 1 SMAN 1 Boyolali tahun pelajaran 2014/2015 melalui penerapan model problem based learning.  Peningkatan Literasi Membaca ditunjukkan dengan meningkatnya capaian  rata-rata persentase aspek literasi membaca siswa dari 61,24% pada pra siklus menjadi 66,72% pada siklus I, selanjutnya meningkat menjadi 73,50% pada siklus II Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan literasi membaca siswa dalam pembelajaran biologi melalui penerapan model problem based learning di kelas X MIA 1 SMAN 1 Boyolali tahun pelajaran 2014/2015.


Keywords


model problem based learning; literasi membaca

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.