candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN SCIENTIFIC SKILLS SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP/MTs KELAS VII

Ervian Arif Muhafid

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan scientific skills siswa melalui implementasi model PBL pada pembelajaran IPA di SMP/MTs kelas VIII. Metode penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan di SMP Purnama Ayah. Pembelajaran dilakukan dengan beberapa siklus sampai pada akhirnya pembelajaran dapat terlaksana sesuai tujuan. Setiap siklus tindakan terdiri dari satu materi. Penelitian tindakan kelas merupakan proses pembelajaran di kelas yang berdaur dan terdiri dari 4 tahap yaitu (a) perencangan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi, (d) refleksi yang mungkin diikuti dengan perencanaan ulang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model PBL dapat meningkatkan scientific skills siswa. Hal itu dapat dilihat dari rata-rata hasil observasi scientific skills siswa pada siklus 1, 2.96 meningkat pada siklus 2, menjadi 4.08 dan ada pebedaan yang signifikan antara hasil pada siklus 1 dan siklus 2. Peningkatanya dinyatakan dengann n-gain score 0,55 (sedang).

Keywords


Scientifik Skills; Problem Based Learning (PBL); IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.