candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKAMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER PADA SISWA KELAS XII.IPA.2 SMA NEGERI 1 KARAS

Aris Sudarmono

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang berminatnya siswa SMA Negeri 1 Karas, Magetan pada mata pelajaran fisika serta masih rendahnya prestasi belajar fisika siswa, khususnya pada materi pokok Gelombang Mekanik.   Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendiskripsikan upaya peningkatkan prestasi belajar fisika siswa pada materi Gelombang Mekanik melalui pembelajaran kooperatif dengan metode STAD, (2) Mendiskripsikan upaya peningkatkan minat belajar siswa pada materi pokok Gelombang Mekanik melalui pembelajaran dengan media animasi komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Subjek penelitian adalah siswa kelas XII.A.2 SMA Negeri 1 Karas Tahun Pelajaran 2014/2015, yang berjumlah 28 orang. Jenis data yang direkam berupa data observasi minat siswa terhadap pembelajaran kooperatif dengan metode STAD, tanggapan siswa terhadap penggunaan media animasi komputer serta peningkatan prestasi belajar berdasarkan nilai ulangan harian. Teknik analisa yang digunakan adalah deskriptif yang meliputi : 1) Deskripsi Data, 2) Pembahasan, dan 3) Penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa, sebelum dilakukan tindakan base score siswa rata-rata hanya 68,89, setelah akhir siklus I rata-rata 74,47, dan akhir siklus II rata-rata 77,50. Kenaikan tersebut merupakan suatu indikasi bahwa pembelajaran kooperatif metode STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ditinjau dari pencapaian persentase ketuntasan belajar diperoleh data bahwa sebelum dilakukan tindakan adalah 78,58%, pada siklus I adalah 85,71%, dan pada siklus II adalah 92,86%.

Keywords


Metode STAD; Media Animasi Komputer; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.