candi borobudur kerajaan di indonesia

IPA DAN PEMBELAJARAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (Telaah Buku Siswa SD Kelas IV Tema 3, Karya Much. Azam, Dkk)

Anatri Desstya

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penerapan pembelajaran yang mengacu pada kemampuan berpikir tingkat tinggi sebagai cara untuk membelajarkan materi IPA bagi siswa di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode library research.  Pengumpulan dan penelaahan referensi tentang indikator-indikator kemampuan berfikir tingkat tinggi kemudian dihubungkan dengan penyajian pada materi IPA dalam buku siswa kelas IV tema 3. Peneliti menganalisis data-data terkait dengan menggunakan metode Induktif dan Deduktif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Pada awal materi setiap subtema terdapat pertanyaan untuk menggali pengalaman dan melatih berfikir tingkat tinggi, 2) Terdapat kegiatan untuk mengkreasikan pada setiap subtema, 3) Pada setiap soal latihan akhir subtema terdapat sedikit soal untuk melatih berfikir tingkat tinggi, 4) Subtema 2 tidak terdapat kegiatan mengevaluasi.

Keywords


Berpikir Tingkat Tinggi; IPA; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.