ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MENGGUNAKAN INSTRUMEN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK SISWA KELAS XI SMA N 1 SURAKARTA
Abstract
Keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) dalam pembelajaran merupakan aplikasi proses berpikir untuk situasi yang kompleks dan memiliki banyak variabel. Semua siswa dapat berpikir, tetapi kebanyakan dari siswa membutuhkan dorongan dan bimbingan untuk proses berpikir tingkat tinggi. Test yang mendorong keterampilan berpikir tingkat tinggi diperlukan untuk mendorong siswa memiliki kemampuan ini. Instrumen tes Two-tier Multiple Choice mendorong siswa untuk berpikir tingkat tinggi dan memiliki keterampilan penalaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMA N 1 Surakarta pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini menggunakan instrumen penilaian Two-tier Multiple Choice untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi. Subjek dalam penelitian ini adalah 95 siswa terdiri dari 3 kelas yang memiliki nilai rata-rata kelas tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan kesimpulan yang didapatkan adalalah sebanyak 7,4% siswa memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi sangat rendah, 25,2% rendah, 52,7% sedang dan 14, 7% tinggi
Keywords
HOTS; Two-tier Multiple Choice; Kelarutan dan hasil kali kelarutan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.