candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KUALITAS DAN KUANTITAS PERTANYAAN PESERTA DIDIK SEBAGAI INDIKATOR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS XI-IIS3 SMA NEGERI 6 SURAKARTA

Tina Nur Khasanah, Sajidan Sajidan, Murni Ramli

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas  pertanyaan sebagai indikator kemampuan berpikir peserta didik kelas XI-IIS3 SMA negeri 6 Surakarta melalui model Discovery Learning pada materi Sistem Reproduksi Manusia. Hasil observasi Prasiklus menunjukkan bahwa kuantitas pertanyaan berjumlah empat buah. Kualitas pertanyaan berada pada tingkatan berpikir C2, sedangkan berdasarkan dimensi pengetahuan berada pada dimensi pengetahuan Conceptual. Mayoritas kemapuan berpikir peserta didik tergolong LOTS, sehingga perlu ditingkatkan. Peningkatan kemampuan berpikir peserta didik ditinjau dari pertanyaan ditingkakan melalui penerapan model Discovery Learning. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama empat siklus. Penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi pada setiap siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi data metode, sedangkan analisis data dilakukan melalui deskriptif kualitatif. Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik bervariasi di setiap siklus tindakan. Pertanyaan dengan kualitas tingkat pengetahuan kognitif C4 yang diajukan peserta didik pada tindakan Siklus I ada 21 pertanyaan, pertanyaan dengan kualitas tingkat pengetahuan kognitif C5 ada 7 pertanyaan. Tidakan Siklus II C4 ada 18 pertanyaan dan C5 ada  2 pertanyaan. Tindakan Siklkus III C4 ada 28 pertanyaan dan C5 ada  7 pertanyaan. tindakan Siklus IV C4 ada 15 pertanyaan dan C5 ada  9 pertanyaan. Kualitas pertanyaan tersebar di seluruh dimensi pengethuan, Factual, Conceptual, Procedural, dan Metacognitif.

Keywords


Discovery Learning; kemampuan berpikir; pertanyaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.