PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PERUBAHAN BENDA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menerapkan pendekatan keterampilan proses sains pada materi perubahan benda. Jenis penelitian yang digunakan adalah preexperimental design dengan tipe pretest and posttest group design. Analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi metode tes. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas VII I SMP Negeri 1 Gedangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran pendekatan keterampilan proses sains terdapat perbedaan yang signifikan, perbedaan tersebut diketahui thitung > ttabel yakni 23,67 > 2,042. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 0,67 dengan kriteria sedang.
Keywords
kemampuan berpikir kritis; keterampilan proses sains
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.