candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI RISET DALAM PENGEMBANGAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA PENDIDIKAN SAINS

Murni Ramli

Abstract


Higher Order Thinking Skills (HOTS) adalah keahlian yang meliputi kemampuan seseorang untuk berpikir secara kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan kreatif. Kemampuan berpikir pada level tinggi dibangun dengan menguatkan terlebih dahulu dasar-dasar berpikir yang dikelompokkan oleh Bloom sebagai kemampuan berpikir tingkat rendah (Lower Order Thinking Skills-LOTS). Riset-riset terkait HOTS pada bidang sains mengalami booming pada tahun 80an-90an, dan terus berkembang hingga dekade ini. Riset yang dilakukan memiliki skala dan sudut pandang yang berbeda. Pengembangan HOTS tidak saja dilakukan di perguruan tinggi, tetapi beberapa negara telah mengintroduksikan konsep ini ke dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Karena luasnya cakupan level pendidikan yang akan mengaplikasikannya, maka riset-riset terkait HOTS sangat berkembang dan seakan tidak ada batasnya. Makalah ini mengkaji beberapa implementasi riset untuk pengembangan HOTS pada pendidikan sains, yang akan ditinjau dari perkembangan definisi, konsep, disposisi, teaching & learning, dan sistem asesmen HOTS.  Topik dan cakupan riset terkait pengembangan HOTS, dan contoh riset pengujian HOTS pada pembelajaran biologi juga akan dijelaskan pada sub bab makalah ini.

Keywords


HOTS; asesmen HOTS; teaching & learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.