candi borobudur kerajaan di indonesia

KETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PELAJARAN IPA DI SMP

Sri Widoretno, H Susilo, Y. Abdurrajak, M Amin

Abstract


Keterampilan sosial dalam pembelajaran inkuiri adalah latihan untuk membangun net-works dalam dunia kerja yang multi disiplin di era pengetahuan. Mengukur dan membandingkan keterampilan sosial peserta didik yang teridentifikasi pada pelajaran IPA di sekolah yang mempunyai kemampuan akademiknya berbeda, diperlukan untuk mendapatkan dukungan penilaian yang lebih komprehensif. Penelitian merupakan quasi eksperiment dengan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik SMPN Surakarta yang berkategori kemampuan baik dan kurang. Penentuan sampel di setiap kategori menggunakan purposive random sampling, Alat ukur keterampilan sosial menggunakan performance assesment dengan indikator: komunikasi lisan dan tertulis, kerjasama dan empati. Analisis data menggunkan anacova. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pembelajaran inkuiri lebih melatihkan keterampilan sosial dibandingkan pembelajaran konvensional; 2) melalui pembelajaran inkuiri keterampilan sosial peserta didik berkemampuan kurang mengalami peningkatan lebih besar dibandingkan peserta didik berkemampuan baik.

Keywords


keterampilan sosial; performance assesment; inkuiri

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.