candi borobudur kerajaan di indonesia

DISKRIPSI PEDAGOGICAL CONTEIN KNOWLEDGE CALON GURU SD PADA PEMBELAJARAN IPA

Kartika Chrysti S

Abstract


Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran maka seorang guru SD seharusnya mempunyai kompetensi di bidang pedagogis, profesionalisme, sosial dan kepribadian. Penguasaan materi/subjek (contein) dalam IPA mencakup fakta, konsep, prinsip dan teori. Cara mengajar dan memecahkan masalah pada pembelajaran IPA serta pemanfaatan teknologi harus dikuasai oleh guru.  Oleh karena itu pengetahuan materi subjek dan teknologi atau Pedagogicalcal Contein Knowledge/PCK sangat mendukung dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan kompetensi mengajar IPA berbasis Pedagogicalcal Contein Knowledge pada calon guru SD. Penelitian ini adalah penelitian diskripstif kualitatif dengan subjek mahasiswa calon guru SD yang sedang PPL di sekolah dasar sejumlah 50 orang. Pengambilan data dengan wawancara, tes dan angket. Data dianalisis diskriptif kualitatif dengan validitas teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi pedagogik yang masih belum optimal adalah penguasaan tentang mengajar dan pemahaman tentang kebutuhan siswa. Masih terdapat miskonsepsi dalam pembelajaran IPA. Mahasiswa calon guru masih belum menggunakan metode-metode pembelajaran yang dapat lebih memotivasi siswa belajar dan penguasaan materi prasayarat yang lemah oleh siswa belum menjadi perhatian guru. Diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu calon guru SD mengevaluasi pembelajaran sebagai bagian dari upaya meningkatkan prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.