candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS MASALAH PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X SMA/MA SESUAI KURIKULUM 2013

Kristianita - Sunaringtyas, Sulistyo - Saputro, Mohammad - Masykuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)  hasil  dari setiap langkah pengembangan modul kimia berbasis masalah atau problem based learning (PBL) menggunakan model Borg dan Gall yang dimodifikasi, (2) kelayakan modul kimia problem based learning. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan atau research and development  model Borg dan Gall yang dimodifikasi. Uji lapangan awal dilakukan di SMAN 1 Kota Madiun dan SMAN 3 Kota Madiun. Uji lapangan utama dilakukan di SMAN 1 Kota Madiun dan SMAN 2 Kota Madiun. Uji lapangan operasional dilakukan di 10 sekolah pelaksana Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2013/2014, yaitu: (1) SMAN 1 Kota Madiun,  (2)  SMAN 2 Kota Madiun, (3) SMAN 3 Kota Madiun, (4)  SMAN 1 Caruban Kabupaten Madiun, (5) SMAN 2 Caruban Kabupaten Madiun, (6) SMAN 1 Geger Kabupaten Madiun, (7) SMAN 1 Kabupaten Ngawi,  (8) SMAN 2 Kabupaten Ngawi,  (9) SMAN 1 Kabupaten Magetan, dan (10) SMAN 1 Maospati Kabupaten Magetan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket dan tes. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif.  Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, saran dan masukan saat  uji lapangan.  Data kuantitatif diperoleh dari isian angket kelayakan modul kimia problem based learning dan tes hasil belajar. Kelayakan modul kimia problem based learning disimpulkan dari hasil uji lapangan awal, utama dan operasional. Dari hasil penelitian  disimpulkan bahwa: (1)  hasil setiap langkah pengembangan modul kimia berbasis masalah  adalah modul kimia yang telah direvisi berdasarkan saran dan masukan dari konsultan ahli modul, validator modul dan telah diujicobakan kepada calon pengguna modul,  (2) modul kimia problem based learning layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan skor 4,3 oleh Ahli modul dan Praktisis Pendidikan, skor 128 oleh guru dan 72,5 oleh siswa pada uji lapangan awal, skor 133 oleh guru dan 74,5 oleh siswa pada uji lapangan utama, dan skor 138 oleh guru dan 76 oleh siswa pada uji lapangan operasional.
  

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.