candi borobudur kerajaan di indonesia

Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa

Sri Wahyuning, Bramastia Bramastia, Sarwanto Sarwanto

Abstract


Abstract:. The development of science and technology raises various challenges in areas of life, including education. Education is required to be of higher quality to prepare human resources who have various 21st-century skills. Therefore, the learning process also experiences a paradigm shift to achieve this goal. The characteristics of 21st-century learning can be developed through the integration of technology and communication (ICT) in the learning process, so learning media has a great opportunity to answer these challenges. This research aims to determine the use of interactive learning media based on inquiry learning to improve students' critical thinking skills and learning motivation. The research method used in writing this article is a literature study from various sources, both books and journals, in the period 2018-2023. The results obtained indicate that interactive learning media is effectively used to increase student learning motivation. Apart from that, inquiry learning is also effectively used to improve students' critical thinking skills. Therefore, it can be concluded that interactive learning media based on inquiry learning can be used to improve students' thinking abilities and learning motivation.

Abstrak: Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memunculkan berbagai tantangan dalam bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Pendidikan dituntut untuk lebih berkualitas agar mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki berbagai kecakapan abad 21. Oleh karena itu proses pembelajaran juga turut mengalami pergeseran paradigma agar mencapai tujuan tersebut. Karakteristik pembelajaran abad 21 dapat dibagun melalui pengintegrasian teknologi dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran, sehingga media pembelajaran memiliki peluang besar dalam menjawab tantangan-tantangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis inquiry learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah studi literature dari berbagai sumber baik buku maupun jurnal dalam kurun waktu 2018-2023. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu pembelajaran inquiry learning juga efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif  berbasis inquiry learning dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan motivasi belajar siswa.


Keywords


Learning Media, Inquiry Learning, Learning Motivation, Critical Thinking

Full Text:

PDF

References


Ananta, A.R & Waryanto, N.H. (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Materi Lingkaran Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(4).

Anggraini, M.S.A & Sartono, E.K.E. (2019). Kelayakan Pengembangan Multimedia Interaktif Ramah Anak Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas IV SD. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 57-77. http://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v.7n1.p57—77

Carolina, Y. dela. (2022). Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 10–16. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.448

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 2019.

González‐pérez, L. I., & Ramírez‐montoya, M. S. (2022). Components of Education 4.0 in 21st Century Skills Frameworks: Systematic Review. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 14, Issue 3). MDPI. https://doi.org/10.3390/su14031493

Hidayati, N., Irmawati, F., & Prayitno, T. A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Biologi Melalui Multimedia STEM Education. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 84–92. https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i2.536

Indrawati, Mahardika, I. K., & Supeno. (2020). MEDIA PICTORIAL RIDDLE BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. WEBINAR PENDIDIKAN FISIKA 2020 “Optimalisasi Pendidikan Dalam Rekontruksi Pembelajaran Berbasis Sains Dan Teknologi Di Era New Normal,” 5(01).

Islami, M., & Hadi Soekamto. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Menggunakan Quizizz Multimedia Berbasis Gamification terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 383–392. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.48338

Khan, T., Johnston, K., & Ophoff, J. (2019). The Impact of an Augmented Reality Application on Learning Motivation of Students. Advances in Human-Computer Interaction, 2019. https://doi.org/10.1155/2019/7208494

Kusumawati, L. D., Sugito, Nf., & Mustadi, A. (2021). KELAYAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MEMOTIVASI SISWA BELAJAR MATEMATIKA. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 31. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p31--51

Mawaddah, W., Ahied, M., Hadi, W. P., Yuniasti, A., Wulandari, R., & Ipa, P. P. (2019). UJI KELAYAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT DISERTAI PERMAINAN JEOPARDY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. In Natural Science Education Reseach (Vol. 2, Issue 2).

Muthoharoh, V., & Sakti, N. C. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Menengah Atas. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 364–375. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.315

Noervalida, I., Munawwir, Z., & Lindawati, R. (2020). PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DI MA SARJI AR RASYID TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal IKA, 8(2).

Nurhayati, R., Waluya, S. B., & Asih, N. T. S. (2019). Model Pembelajaran Inkuiri Blended Learning Strategi Flipped Classroom dengan Media Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ..Prosiding Seminar NasionalPascasarjana UNNES.

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Misykat, 03(01), 171–187.

Suharni. (2021). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1).

Tafonao, Talizaro.(2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Tuyizere, G., & Yadav, L. L. (2023). Effect of interactive computer simulations on academic performance and learning motivation of Rwandan students in Atomic Physics. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(1), 252–259. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i1.23617

Wahyuni, E. S., Rahmayanti, H., & Ichsan, I. Z. (2021). HUBUNGAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID 19. Jurnal PenSil, 10(3), 120–129. https://doi.org/10.21009/jpensil.v10i3.19275

Wahyuni, E. T., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2023). Penerapan Inkuiri Terbimbing dan Penggunaan Media Flipbook untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. KIBAR. https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.4341

Wardani, S., Lindawati, L., & Kusuma, S. B. W. (2017). The development of inquiry by using android-system-based chemistry board game to improve learning outcome and critical thinking ability. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 196–205. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.8360

Wayan Wartini, N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Education Action Research, 5(1), 126–132. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891


Refbacks

  • There are currently no refbacks.