candi borobudur kerajaan di indonesia

Pengembangan E-Modul pada Materi Diferensial Parsial Mata Kuliah Fisika Matematika I Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Professional

Riska Fitriani, Anisa Fitria, Viola Amelia Syafitri

Abstract


Abstract:. This research aims to determine the results of student development and perceptions of e-modules in partial differential material in the Mathematical Physics I course using the Flip PDF Professional application. This type of research is research and development with a 4D model. The instruments used were validation questionnaires for material experts and media experts, as well as student perception questionnaires. The mathematical physics I e-module on partial differential material developed has an .exe format which can be operated on a PC/laptop and an HTML format which can be operated on a smartphone. The validation results by material expert validators obtained an average score of 3.33 (very good) and an average score for media experts of 3.50 (very good). Furthermore, the student perception score regarding the mathematical physics e-module I in the field trial was 3.6 (very good). Therefore, the e-module that has been developed is categorized as very good for use and can be disseminated widely. The main advantages of the e-module being developed are that there are videos that can be accessed offline, quizzes and competency tests that provide feedback on the answers given, and features that are easy to operate.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan dan persepsi mahasiswa terhadap e-modul pada materi diferensial parsial mata kuliah fisika matematika I menggunakan aplikasi Flip PDF Professional. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi ahli materi dan ahli media, serta angket persepsi mahasiswa. E-modul fisika matematika I pada materi diferensial parsial yang dikembangkan memilki format .exe yang dapat dioperasikan pada PC/laptop dan format HTML yang di operasikan pada smartphone. Hasil validasi oleh validator ahli materi memperoleh rata-rata skor sebesar 3,33 (sangat baik) dan rata-rata skor ahli media sebesar 3,50 (sangat baik). Selanjutnya skor hasil persepsi mahasiswa terhadap e-modul fisika matematika I pada uji coba lapangan sebesar 3,6 (sangat baik). Oleh karena itu, e-modul yang telah dikembangkan berkategori sangat baik untuk digunakan dan dapat disebarluaskan. Keunggulan utama pada e-modul yang dikembangkan yaitu terdapat video yang dapat diakses secara offline, quiz dan uji kompetensi yang memberikan umpan balik terhadap jawaban yang diberikan, dan fitur-fitur yang mudah dioperasikan


Keywords


e-module, mathematical physics, partial differential, flip pdf professional.

Full Text:

PDF

References


Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Itqan, 8(2), 145–167.

Batu-bara, Y. A., Zetriuslita, Dahlia, A., & Effendi, L. A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran E-comic Aritmatika Sosial Dimasa. Jurnal Derivat, 8(1), 1–10.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Diantari, L. P. E., Damayanthi, L. P. E., Sugihartini, N. S., & Wirawan, I. M. A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Mastery Learning untuk Mata Pelajaran KKPI Kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(1), 33. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i1.12166

Fitriasari, D. N. melati. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Guided Discovery untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Terintegrasi pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. Bioedu, 10(3), 510–522.

Gunada, I. W., Rokhmat, J., Hikmawati, H., & Kesipudin, K. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Kompilasi Fisika Matematika II Pokok Bahasan Persamaaan Diferensial untuk Meningkatkan Penalaran Matematis. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 216–227. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.414

Hamdani, D. (2013). Penerapan Model Missouri Mathematics Project dengan Pendekatan Konsep Berbasis ICT untuk Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Pembelajaran Fisika Matematika II. Prosiding Seminar Nasional Fisika Universitas Andalas (SNFUA), 42–49. Padang: 07 Oktober 2013.

Haryadi, R., & Roosiana, I. (2020). Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi dan Kualitas Belajar Siswa. 11(2), 136–141.

Hoiroh, A. M. M. (2020). Pengembangan media booklet elektronik materi jamur untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X SMA. BIOEDU Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1), 292–301. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/36753%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Kosassy, S. O. (2019). Mengulas Model-Model Pengembangan Pembelajaran dan Perangkat Pembelajaran. Jurnal PPKn Dan Hukum, 14(1), 152–173.

Megalina, Y., Al, Y., Siegar, M., Amelia, R., & Sinaga, S. F. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Fisika Berbasis Saintifik Pada Materi Pokok Gelombang Mekanik. Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 7(1), 1–7.

Nasution, F. H. (2017). Implementasi Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Peemecahan Masalah Fisika Matematika Mahasiswa. Jurnal Education and Development STKIP Tapanuli Selatan, 7(5), 10–13.

Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar Rhesta Ayu Oktaviara Triesninda Pahlevi. Jurnal Pendidikan Perkantoran, 07(03), 60–65.

Prasetyawan, A. (2017). Pengembangan CD Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Software Camtasia Studio pada Materi Bilangan Bulat. Aksioma, 7(1), 26–35. https://doi.org/10.26877/aks.v7i1.1407

Putri, R. A., Uchtiawati, S., & Fauziyah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Flip Book Menggunakan Kvisoft Flip Book Maker Berbasis Seni Budaya Lokal. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 26(2), 1. https://doi.org/10.30587/didaktika.v26i2.1468

Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53–60. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105

Sari, W., Jufrida, & Pathoni, H. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis 3D Pageflip Professional pada Materi Konsep Dasar Fisika Inti dan Struktur Inti Mata Kuliah Fisika Atom dan Inti. Jurnal EduFisika, 02(01), 40. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/4041

Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672

Simamora, A. H., Sudarma, I. K., & Prabawa, D. G. A. P. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Proyek untuk Mata Kuliah Fotografi di Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha. Journal of Education Technology, 2(1), 51–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v2i1

Solihudin, T. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis Sma. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 51–61. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13731

Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152

Syahrial, Asrial, Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 165–177. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, 9(2), 56–70.

Tanjung, Y. I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Teknik Polya Terhadap Hail Belajar Fisika Matematika II. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 2(2), 1–5.

Ummah, R., Suarsini, E., & Lestari, S. R. (2020). Pengembangan E-modul Berbasis Penelitian Uji Antimikroba pada Matakuliah Mikrobiologi. Jurnal Pendidikan: Teori , Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 572—579.

Utami, L., & Amiruddin, A. (2018). Pengembangan Media Laboratorium Virtual Model 4D pada Mata Kuliah Fisika. PHYDAGOGIC Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 1(1), 7–14. https://doi.org/10.31605/phy.v1i1.212


Refbacks

  • There are currently no refbacks.