candi borobudur kerajaan di indonesia

Analisa Manajemen Laboratorium Sains Di Smkn Ngraho Bojonegoro

Amalia Ika Nursanti, Bramastia Bramastia

Abstract


Abstrak: Salah satu hakikat sains adalah sains sebagai proses dimana dalam pelaksanaannya membutuhkan laboratorium sebagai sarana. Laboratorium sains di sekolah adalah tempat siswa melakukan praktikum dalam rangka membuktikan atau mengkonstruksi teori-teori sains. Di sekolah menengah kejuruan pada umumnya tempat praktik yang diutamakan adalah tempat praktik sesuai dengan konsentrasi keahliannya, untuk itu peneliti berusaha menganalisa manajemen laboratorium sains di SMKN Ngraho. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan manajemen laboratorium di SMKN Ngraho Bojonegoro. Hasil dari analisa ini secara umum menunjukkan hasil yang kurang dikarenakan persyaratan manajemen laboratorium sains, yaitu : 1) Perencanaan, 2) Pengorganisasian, 3) Pelaksanaan dan 4) Pengawasan belum berjalan secara maksimal. Dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi peneliti sebagai salah satu guru sains di sekolah tersebut, guru-guru sains dan pemangku kepentingan untuk meningkatkan manajemen laboratorium sehingga pembelajaran sains dapat dilaksanakan sesuai dengan hakikat sains sebagai proses dan tuntutan pembelajaran pada kurikulum merdeka saat ini.


Keywords


Manajemen, Laboratorium, Sains, SMK

Full Text:

PDF

References


Agustina, M. (2018). Peran Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dalam Pembelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah (MI) / Sekolah Dasar (SD). At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan AgamaIslam,Mi,1–10. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/110.

Carin and Sund. 1990. Teaching Science Through Discovery. New York: Merrill Publishing Company

Dakhi. (2016). Implementasi Poac Terhadap Kegiatan Organisasi Dalam Mencapai Tujuan Tertentu. Jurnal Warta. Edisi 50.

Iswanto, D., & Mulyono, H. B. (2021). Analisis Manajemen Laboratorium Terpadu Mikroskopis Di Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih Jayapura Papua (Studi Kasus). 4(1), 21–29. https://doi.org/10.22146/ijl.v4i1.6 5346.

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2022. Surat Keputusan No. 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Mendikbudristek. (2023). Permendikbudristek RI Nomor 22 Tahun 2023 tentang Standar Sarana dan Prasarana pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=3274

Nahdiyaturrahmah, Pujani, N. M., & Selamet, K. (2020).

Pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 118–129. https://doi.org/10.23887/JPPSI.V3I2.29592

Pratiwi, A. Y., & Mulyono, R. (2023). Implementasi Pola POAC dalam Manajemen Laboratorium di SMA Kesatuan Bangsa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 707-716.

Rahman, D., Adlim, & Mustanir. (2015). Analisis Kendala dan Alternatif Solusi terhadap Pelaksanaan Praktikum Kimia Pada SLTA Negeri Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Volume 3 Nomor 2, 1-13.

Sangi, M. S., & Tanauma, A. (2018). Keselamatan Dan Keamanan Laboratorium IPA. Jurnal MIPA, 7(1), 20–24. https://doi.org/10.35799/JM.7.1.2018.18958.

Sani, R. A. (2018). Pengelolaan Laboratorium IPA Sekolah. Bumi Aksara.

Yuliana, Hala, & Taiyeb. (2017). Efektifitas Penggunaan Laboratorium terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMPN 3 Palakka Kabupaten Bone. Jurnal Nalar Pendidikan. Volume 5 Nomor 1, 39-45.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.