candi borobudur kerajaan di indonesia

Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Adobe Flash Professional Cs6 Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alamterpadu Siswa Di Madrasah Tsanawiyah

Nova Andriani, Dian Ayu Pertiwi, Maryani Putri, Nining Mulyani, Triono Sandi

Abstract


Abstract: The learning outcomes of Integrated Natural Sciences at Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Muaro Jambi are still low especially in physics. One effort that can be made to overcome this problem is to use a generative learning model assisted by Adobe Flash Professional CS6 on the concept of heat and heat transfer. The research method used is a quasi experiment with a non-randomized pretest-posttest control group design, with 37 students as a sample who were divided into two classes. Class VII C as an experimental class with a generative learning model assisted by Adobe Flash Professional CS6 and class VII B students as a control class using the lecture method. According to the instrument in this research such as object test multiple choice with a four choice which was used generative learning model assisted by Adobe Flash Professional CS6 to measure student learning outcomes. In this research, the pretest mean score for the experimental class is 47.5 and the pretest average score for the control class is 40. While the posttest average score for the experimental class is 77.3, while the posttest average score for the control class is 70.3. Based on the test calculation of the t-test tcount of 2,74 which is greater than the this ttable (either in the level of significance 5% = 2,03 or at a significant level 1% = 2,72) is this mean H0 rejected, and Ha accepted. This means that there is a significant influence of the generative learning model assisted by Adobe Flash Professional CS6 on student learning outcomes. The results suggest that teachers can use a generative learning model assisted by Adobe Flash Professional CS6 in science learning activities.

Abstrak: Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Muaro Jambi masih rendah khususnya pada mata pelajaran fisika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran generatif berbantuan Adobe Flash Professional CS6 pada konsep kalor dan perpindahan kalor. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-randomized pretest-posttest control group design, dengan 37 orang siswa sebagai sampel yang terbagi menjadi dua kelas. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran generatif berbantuan Adobe Flash Professional CS6 dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan metode ceramah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif tipe pilihan ganda dengan empat pilihan yang digunakan. Media pembelajaran yang dipakai adalah Adobe Flash Professional CS6. Hasil analisis data diperoleh skor rata-rata pretest untuk kelas eksperimen adalah 47,5 dan skor rata-rata pretest kelas kontrol adalah 40. Sedangkan skor rata-rata posttest untuk kelas eksperimen adalah 77,3 sedangkan skor rata-rata posttest kelas kontrol adalah 70,3. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung = 2,74 yang lebih besar dari ttabel (baik pada taraf signifikansi 5% = 2,03 maupun pada taraf signifikansi 1% = 2,72) yaitu dengan demikian berarti H0 ditolak, dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikansi dari model pembelajaran generatif berbantuan Adobe Flash Professional CS6 terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menyarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran generatif berbantuan Adobe FlashProfessional CS6 dalam kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.


Keywords


Generative Learning Model, Adobe Flash Professional CS6, learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Alba, F., Chotim, M., & dan Junaedi, I. (2013, Desember). Keefektifan Model Pembelajaran Generatif dan MMP Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JURNAL KREANO, ISSN : 2086-2334, Volume 4 Nomor 2 , 131-137.

Anggraini, T. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Sikap IlmiahSiswa Dalam Pembelajaran Biologi di Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang.Skripsi.UIN Raden Fatah Palembang.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.

Hati, N. I. taman. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 196–207.

Karlina, E., Bektiarso, S., & Lesmono, A. D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Generative Learning pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 89–93.

Kholijah, S. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Professional CS6 Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Muaro

Robiatul, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor di Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi. Skripsi IAIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Romadianto, A. Y. (2008). Membuat Gambar Vektor dan Animasi Atraktif Dengan Flash Profesional 8. Yrama Widya.

Rosdianto, H. (2017). Pengaruh Model Generative Learning Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(2), 66. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i2.1288

Sharfina, A. H. (2017). Model Pembelajaran Generatif Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 KUALA.Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01, 102-106.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: AlfaBeta.

Trianto. (2014). Model-model Pembelajaran inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu Cetakan VI. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tsurayya, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP PGRI 11 Palembang.Skripsi UIN Raden Fatah Palembang.

Yatmi, H. A., Wahyudi, W., & Ayub, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Peserta Didik.Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 287. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1327


Refbacks

  • There are currently no refbacks.