candi borobudur kerajaan di indonesia

Pengembangan Bahan Ajar Materi Sistem Sirkulasi Berbasis LMS Moodle yang Berorientasi pada Peningkatan Literasi Sains

Anisa Fitria, Rusdi Rusdi, Rizhal Hendi Ristanto, Viola Amelia Syafitri, Riska Fitriani

Abstract


Abstract:. Teaching materials are one of the important factors that determine the success of the learning process. The research objective was to develop a circulation system teaching material based on Moodle's LMS which is oriented towards increasing students' scientific literacy. The development model used was  a 3D model as a modification of the Thiagarajan 4D model that is (1) define (2) design, and (3) develop. The subjects in this study are validators of media experts, material experts, linguists, students, and teachers. The data collection technique was carried out using a questionnaire to measure the validity of the open material. The results showed that the circulation system teaching materials based on the LMS-Moodle, which were oriented towards increasing scientific literacy, had an average score of 3.50 (very valid) from a maximum value of 4.00 from all aspects. Based on the results of the research, it is shown that the teaching materials of the circulation system based on the Moodle LMS which were developed to increase scientific literacy are very valid to be used as learning media for the circulation system in schools and are expected to improve students' scientific literacy.

Abstrak: Bahan ajar merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan bahan ajar materi sistem sirkulasi berbasis LMS Moodle  yang berorientasi pada peningkatan literasi sains siswa. Bahan ajar sistem sirkulasi berbasis LMS moodle  dikembangkan dengan model 3D sebagai modifikasi dari model 4D Thiagarajan yaitu sebagai berikut: (1) define (Pendefinisian), (2) design (Perancangan), (3) develop (Pengembangan). Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli media, ahli materi, ahli bahasa, peserta didik, dan guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Kuesioner untuk mengukur validitas kelayakan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar materi sistem sirkulasi berbasis LMS moodle yang berorientasi pada peningkatan literasi sains memiliki skor rata-rata kelayakan 3.50  (sangat valid) dari nilai maksimum 4,00 pada keseluruhan aspek kelayakan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh menunjukkan bahwa bahan ajar materi sistem sirkulasi berbasis LMS moodle yang berorientasi pada peningkatan literasi sains sangat valid digunakan sebagai media pembelajaran sistem sirkulasi di sekolah dan diharapkan dapat meningkatkan literasi sains siswa.

Keywords


3-D model, Learning material, LMS-Moodle, circulatory system, scientific literacy

Full Text:

PDF

References


Alhajri, R. (2016). Prospects and Challenges of Mobile Learning Implementation: A Case Study. Journal of Information Technology & Software Engineering, 06(05). https://doi.org/10.4172/2165-7866.1000189

Angriani, P. (2019). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Moodle pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Bantul. In Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 01, Nomor 01).

Aqil, D. I. (2017). Literasi Sains Sebagai Konsep Pembelajaran Buku Ajar Biologi di Sekolah. Wacana Didaktika, 5(02), 160. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.v5i02.59

Azis, A. A. (2015). Pengembangan Media E-Learning Berbasis LMS Moodle pada Matakuliah Anatomi Fisiologi Manusia. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 1–8. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpb/article/download/712/445

BSNP. (2014). Naskah Akademik Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Chiappetta, E. L., Fillman, D. A., & Sethna, G. H. (1991). A method to quantify major themes of scientific literacy in science textbooks. Journal of Research in Science Teaching, 28(8), 713–725. https://doi.org/10.1002/tea.3660280808

Copriady, Iswandari, Siti Nurjannah; Jimmi; Noer, Asmadi M; Albeta, S. W. (2020). Pengembangan e-modul berbasis moodle pada materi hidrokarbon. Edusains, 12(1), 81–88.

Darmawan, A. (2014). Pemilihan Sistem Learning Management System (LMS) Metode AHP Menggunakan Criterium Decision Plus 3.0. Faktor Exacta, 7(3), 260–270.

Deming, J. C., O’Donnell, J. R., & Malone, C. J. (2012). Scientific literacy: Resurrecting the Phoenix with thinking skills. Science Educator, 21(2), 10–17.

Fatmi, N., Muhammad, I., Muliana, M., & Nasrah, S. (2021). The Utilization of Moodle-Based Learning Management System (LMS) in Learning Mathematics and Physics to Students’ Cognitive Learning Outcomes. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(2), 155. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i2.4665

Firman, F., Muhsin, M. A., & Goestina, G. (2021). Online Based Learning Management System (LMS) on Student Academic Performance. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 788–793. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.415

Hamzah, A. A. (2020). e-Modul Biologi XI, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas 2019. 1, 7–8.

Haske, A. S., & Wulan, A. R. (2015). Pengembangan E-learning berbasis MOODLE dalam Pembelajaran Ekosistem untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa pada Program Pengayaan Developing E-learning Based MOODLE in Learning Ecosystem to Improve Environmental Literacy in Class X Enrichment Progr. 2009, 402–409.

Hidayati, N., Pangestuti, A. A., & Prayitno, T. A. (2019). Edmodo mobile: developing e-module on biology cell for online learning community. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 94–108. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v12n1.94-108

Husamah. 2016. Pembelajaran Bauran (Blended Learning), Prestasi Pustaka, Jakarta.

Maulana, S. H. (2016). Teori Belajar Behaviorisme dan Implikasinya dalam Praktek Pendidikan. Research gate, December 2015, 0–61

Musfiroh, Uslifatun. (2012). Pengembangan Modul Pembelajaran Beriorientasi Guided Discovery Pada Materi Sistem Peredaran Darah. BioEdu, 1(2), 37.

Nisrina, N., Jufri, A. W., & Gunawan. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 192–199. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1880

Nuriyanti, D. D. (2013). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Sistem Gerak Di SMA. Universitas Negeri Semarang.

PISA 2012 Results in Focus. (2012).

Porsche, D., Tulenan, V., & Sugiarso, B. A. (2019). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Teknik Informatika, 14(2), 173–182. https://doi.org/10.35793/jti.14.2.2019.23992

Putra, N. (2011). Research and Development (Penelitian dan Pengembangan). Jakarta: Rajawali Pers.

Putri, A. N. (2021). The development of an inquiry-based laboratory manual for student of biology education. Journal of Education Research and Evaluation, 5(1), 95-111. Doi: http://dx.doi.org/10.23887/jere.v5i1.29203.

Rahmania, S., Miarsyah, M., & Sartono, N. (2018). The Difference Scientific Literacy ability of Student having Field Independent and Field Dependent Cognitive style. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 27-34. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.8-2.5

Rainah. (2011). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Melalui Model Desain Sistem Pembelajaran Addie Materi Pokok Asam dan Basa Siswa Kelas XI IPA SMA NU 01 Al- Hidayah Kendal. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Ratumanan, G. T. & Laurens, T. (2011). Evaluasi Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.

Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rohman, F. (2017). Scientific literacy of students learned through guided inquiry. International Journal of Research & Review, 234(5), 23–30. https://www.ijrrjournal.com/IJRR_Vol.4_Issue.5_May2017/IJRR004.pdf

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613

Rusdi, R., Evriyani, D., & Praharsih, D. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Peer Instruction Flip Dan Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 15-19. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.3

Rusilowati, A., Hidayani, F., & Masturi. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Fluida Statis. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(3), 25–31. https://doi.org/10.15294/upej.v5i3.13726

Sadimin, Aman, M., & Suroso. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran on-Line Menggunakan Learning Management System Pada Sma Negeri 1 Sukatani. Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer, 6(2), 102–106. https://ojs.ipem.ecampus.id/ojs_ipem/index.php/stmik-ipem/article/view/126

Safitri, Y & Mayasari, T. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Awal Siswa SMP/MTS dalam Berliterasi Sains pada Konsep IPA, Seminar Nasional Quantum #25 (2018) 2477-1511 (6pp).

Salbiah. (2017). Analisis Kebijakan Digitalisasi Koleksi Skripsi dan Kaitannya dengan Kemudahan Akses Informasi Mahasiswa di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry. 60. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6312/

Setiyadi, M. W. (2018). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 33–46.

Shoffa, S., & Suryaningtyas, W. (2018). Pengembangan Buku Ajar Operation Research Model Plomp. February 2014, 1–49.

Simanullang, N. H. S., & Rajagukguk, J. (2020). Learning Management System (LMS) Based on Moodle to Improve Students Learning Activity. Journal of Physics: Conference Series, 1462(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1462/1/012067

Suryanda, A., Azrai, E. P., & Julita, A. (2019). Expert Validation on The Development Biology Pocketbook Based on Mind Map ( BIOMAP ). Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(3), 197–214.

Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. (1974). Instructional Develoment for Traning Teacher of Exeptional Children: A Sourcebook (hal. 194). https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED090725.pdf

Toharudin U, A, R., & S, H. (2011). Membangun literasi sains peserta didik (cetakan pe). Humaniora.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.