candi borobudur kerajaan di indonesia

Pembelajaran IPA dengan Model Discovery Learning dan Inkuiri Lab Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kritis Siswa

Dwi Aisyah Rizani, Mohammad Masykuri, Lina Mahardiani

Abstract


Abstract:. Science learning becomes a field of science that has a goal, namely that every student can apply a scientific attitude by using scientific methods such as conducting experiments. The purpose of this study was to determine the difference in the effect between discovery learning and laboratory inquiry using a virtual laboratory, the difference in the effect between high science process skills and low science process skills, the difference in influence between high students' critical thinking skills and low students' critical thinking skills, interaction effect inquiry learning model and science process skills, interaction effect of inquiry learning model and critical thinking ability, interaction effect between science process skill and critical thinking ability, and knowing the interaction effect between inquiry learning model, science process skill and students' critical thinking ability. This research was carried out in SMP Negeri 10, and SMP Negeri 18 using 2 experimental classes without a control class, namely, experimental class 1 using the discovery learning model, and experimental class 2 using the lab inquiry model. The research design used a 2x2x2 factorial design. The research data were taken using the test method, observation sheet, and questionnaire method. The results show that there is an influence of discovery learning and inquiry lab learning models using virtual laboratories in improving learning outcomes in terms of students' science process skills and critical thinking.

Abstrak: Pembelajaran IPA menjadi suatu bidang ilmu yang memiliki tujuan yakni setiap siswa dapat menerapkan sikap ilmiah dengan menggunakan metode ilmiah seperti melakukan eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara model pembelajaran discovery learning dan inkuiri lab menggunakan laboratorium virtual, perbedaan pengaruh antara keterampilan proses sains tinggi dan keterampilan proses sains rendah, perbedaan pengaruh antara kemampuan berpikir kritis siswa tinggi dan kemampuan berpikir kritis siswa rendah, interaksi pengaruh model pembelajaran inkuiri dan keterampilan proses sains, interaksi pengaruh model pembelajaran inkuiri dan kemampuan berpikir kritis, interaksi pengaruh antara keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis, serta mengetahui interaksi pengaruh antara model pembelajaran inkuiri, keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMP Negeri 10, dan SMP Negeri 18 dengan menggunakan 2 kelas eksperimen tanpa kelas kontrol yakni, kelas eksperimen 1 menggunakan model discovery learning, dan kelas eksperimen 2 menggunakan model inkuiri lab. Desain penelitian menggunakan desain faktorial 2x2x2. Data penelitian diambil dengan menggunakan metode tes, lembar observasi, dan metode angket. Hasil menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning dan inkuiri lab menggunakan laboratorium virtual dalam meningkatkan hasil belajar ditinjau dari keterampilan proses sains dan berpikir kritis siswa.


Keywords


critical thinking, discovery learning, inquiry, science process skills, virtual laboratory

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta. Hal : 245.

Astuti, Lin Suciani. (2017). Penguasaan Konsep IPA Ditinjau dari Konsep Diri dan Minat Belajar. Jurnal Formatif , 7(1), 40-48.

Fatmawati, H.; Mardiyana; dan Triyanto. (2014). Analisis berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2(9), 899-910.

Gunawan. (2011). Persepsi Dosen dan Mahasiswa Terhadap Model Virtual Laboratory Fisika Modern. Jurnal kependidikan. 10(2),

Hake, R.R. (1998). Interactive Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Course. The American Journal of Physics Research (Am J Phys). 64-74.

Indriani. 2016. Peringkat PISA Indonesia Alami Peningkatan (Online). (https://www.antaranews.com/berita/600165/peringkat-pisa-indonesia-alami-peningkatan), diakses pada 25 Mei 2021)

Iswatun; Mosik,M; dan Subali, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan KPS dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 3(2), 150-160.

Jack, G.U. (2013). The Influence of Identified Student and School Variables on Student Science Process Skill Acquisition. Journal of Education and Practice. 4(5), 16-22.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan tentang Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Kiswoyowati, A. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kegiatan Belajar Siswa terhadap Kecakapan Hidup Siswa. Portal Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 2(1), 12-16.

Kristanti, Aryani Artha. (2012). Pembelajaran IPA dengan Inkuiri Bebas Termodifikasi Menggunakan Lab Riil dan Lab Virtuil Ditinjau dari Kemampuan Berpikir dan Gaya Belajar Siswa. Tesis. Pascasarjana. UNS.

Kusdiastuti, Mahesti; dkk. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal

Rizkiana, Fitria; Dasna; dan Marfuah.S. (2016). Pengaruh Praktikum dan Demonstrasi Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada materi Asam Basa Ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Pendidikan. 1(3),354-362.

Rosyida, B. F; dan Nurita, T. (2018). Profil Keterampilan Proses Sains SIswa Pada Materi Pemisahan Campuran Melalui Pembelajaran Guided Inquiry. PENSA E-Journal. 6(2).

Rusliati, Ely. (2019). Inkuiri Terbimbing Pada Laboratorium Virtual Dan Rill Untuk Membangun Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Proses Sains. Journal of science education and practice. 3(2).

Rustaman,Y. Nuryani (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung : UPI.

Salim; Suryaman; dan Rusmawati, R. D. (2019). Keefektifan Tingkatan Pembelajaran Inkuiri (Levels of Inquiry) Terhadap Peningkatan keterampilan Proses Sains Pada Siswa dengan Pengetahuan Awal Berbeda. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 4(2). 96-108.

Sudarmi. (2009). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Melalui Lab Riil dan Virtual Ditinjau Dari Gaya Belajar dan Kemampuan Berpikir Abstrak. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret.

Sudjana, Nana. (2014). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sukarno, S., Permanasari, A.; dan Hamidah, I. (2013). The profile of science process skill (SPS) student at secondary high school (Case study in Jambi). International Journal of Scientific Engineering and Research (IJSER). 1(1), 2347– 3878.

Toharudin, U, dkk. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Trianto, T. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Tursinawati. (2010). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan

Penguasaan Konsep dan Pemahaman Hakikat Sains Siswa. Visipena Journal. 3(1), 83-99.

Wenning, Carl J. (2011). The Levels Of Inquiry Model of Science Teaching. J. Phys. Tchr Educ. Online. 6(2).

Wieman, Carl; dan Adam, W. K. (2010). Teaching Physics Using PhET Simulations. The Physics Teacher. Vol. 48.

Yuliani, Mia; dkk. (2017). Pembelajaran Model Discovery Learning dan Strategi Bowling Kampus Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Belajar IPA. Jurnal BIOEDUKASI. 10(1). 23-32.

Yuniastuti, E. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses, Motivasi, dan Hasil Belajar Biologi dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan. EDUCATIONIST : Jurnal Kajian Filosofi, teori, Kualitas, dan Manajemen Pendidikan. Vol. 14, No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.